Sisa 8 bulan menjabat, Bupati Bombana kejar realisasi komitmen infrastruktur

KENDARINEWS.COM–Kabupaten Bombana terus bersolek. Bupati Bombana, H.Tafdil mempersembahkan karya pembangunan pada semua aspek untuk warga Bombana. Bupati Tafdil bergerak membangun dan memoles infrastruktur jalan. Setiap tahun, berbagai ruas jalan di Kabupaten Bombana mendapat perhatian dan sentuhan anggaran dari APBD Bombana melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Bombana.

Masa jabatan periode kedua Bupati Tafdil berakhir Agustus tahun 2022. Kendati tersisa delapan bulan menjabat, Bupati Tafdil enggan bermalas-malasan membangun daerah. Sebaliknya, Tafdil semakin getol merealisasikan komitmennya dalam membangun dan pemerataan infrastruktur. Indikatornya, miliaran rupiah duit rakyat dari APBD dialokasikan untuk perbaikan dan peningkatan jalan diberbagai wilayah di Bombana pada tahun 2022.

Kendati tahun tersebut merupakan tahun terakhirnya menjabat sebagai Bupati Bombana, Tafdil ingin meninggalkan catatan emas bagi masyarakat dan daerahnya dengan menunjukan totalitasnya dalam menggenjot pembangunan daerah yang dipimpinnya.

Bupati Bombana, Tafdil mengatakan, untuk tahun 2022 berbagai ruas jalan yang ada di Bombana bakal kembali mendapat sentuhan pemolesan untuk menjamin kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. Rencana proyek pengerjaan infrastruktur jalan untuk 2022 yakni, peningkatan jalan ibu kota, Kasipute-Lora-Bambaea, Rakadua, hingga peningkatan beberapa ruas jalan yang ada di Kabaena.

“Setiap tahun Pemkab Bombana akan melakukan perbaikan jalan di berbagai wialayah yang ada di Bombana. Untuk tahun 2022, rencana perbaikan maupun peningkatan ruas jalan,” ujar Bupati Tafdil kepada Kendari Pos, kemarin.

Bupati Tafdil merinci peningkatan ruas jalan yang dimaksudnya adalah peningkatan jalan yang ada di kawasan ibu kota Bombana, Rumbia, dengan ruas yang akan ditangani yakni meliputi perbaikan pada medan jalan Desa Lantono, Poea, hingga peningkatan bahu jalan Yosudarso. “Selain itu, peningkatan bahu jalan perkantoran Langkapa, peningkatan jalan RTH serta peningkatan jalan TPI Rumbia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU, Ir. Syahrun, ST., MPwk menambahkan selain peningkatan jalan di ibu kota, ruas jalan yang menghubungkan Kasipute-Lora-Bambaea akan ditingkatkan dan dibenahi. Titik-titik ruas itu adalah jalan Mawar-Lora, Simpang tiga Pemancar lora-Pu’Waeya, hingga jalan poros Pu’u Waeya-Liano.
Sedangkan untuk ruas jalan di wilayah Kabaena meliputi ruas yang ditangani yakni jalan poros Enano-Tedubara, jalan poros Rahadopi, jalan poros kawasan Tangkeno, hingga jalan poros Pising-Tedubara. “Selain itu, ruas jalan ibu kota Rakadua juga akan mendapat sentuhan pemolesan jalan untuk tahun 2022,” ujar Syahrun.

Selain pembangunan ruas jalan di beberapa wilayah Bombana, Bupati Bombana melalui Dinas PU telah menganggarkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), serta penambahan jaringan air minum di beberapa titik di Bombana. Selain itu Pemkab Bombana juga bakal menganggarkan sanitasi dengan menyediakan MCK untuk 10 desa . Masing-masing desa akan mendapatkan 50 MCK. “Setiap tahun pemabngunan infrastruktur di berbagai bidang terus kita genjot, untuk kesejahteraan masyarakat Bombana,” pungkas Syahrun. (idh/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *