Metro Kendari

Seratusan Pedagang di Kendari Melanggar Garis Sempadan

Satpol PP Bakal Tertibkan Pelanggar Garis Sempadan

KENDARINEWS.COM — Bangunan atau lapak pedagang tumbuh subuh bak jamur dimusim hujan. Hampir diseluruh ruas jalan protokol ditemukan warga yang menjajakan dagangannya. Ironisnya, sebagian besar pedagang melanggar garis sempadan jalan. Hal tersebut tentu berpotensi mengganggu kenyamanan pelintas. Atas dasar itulah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bakal menertibkan para pelanggar garis sempadan.

Kepala Satpol PP Kota Kendari, Samsu Alam mengaku bakal menertibkan sejumlah bangunan liar dan lapak pedagang yang melanggar garis sempadan jalan. Berdasarkan pemantauan, pihaknya menemukan pelanggaran banyak terjadi di Kawasan Jalan MT Haryono (Pertigaan Kampus UHO), Jalan HEA Mokodompit (Depan Kampus UHO) dan Jalan Orinunggu (Pertigaan UHO – BTN Kendari Permai). Tercatat sekira 100 pedagang yang melanggar.

Samsu Alam

“Namun penertiban yang kita lakukan secara persuasif. Kami berikan teguran dahulu kepada pedagang agar tidak berdagang digaris sempadan jalan atau tidak berdagang diatas trotoar apalagi diatas drainase. Karena itu melanggar Perda Nomor 1 Tahun 2013 tentang Bangunan dan Gedung,” ungkap Samsu Alam, kemarin.

Oleh karena itu, sebelum dilakukan penetiban oleh petugas, Samsu Alam mengimbau kepada masyarakat atau pedagang untuk mematuhi peraturan yang ada. Untuk tidak berjualan diatas trotoar atau drainase. Pasalnua selain melanggar tata kota juga berpotensi membahayakan pengendara yang melintas juga berpotensi menimbulkan kemacetan.

“Batasnya drainase. Tidak boleh mendirikan bangunan dengan membelakangi saluran air. Itu batas sempadannya. Jelas kalau melanggar itu akan kami tertibkan,” tegas Samsu Alam. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top