Metro Kendari

Serah Terima Perpustakaan Dijadwalkan Agustus

KENDARINEWS.COM — Pengerjaan gedung perpustakaan telah masuk tahap interior dan landscape. Tahun 2021, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Berdasarkan estimasi, mega proyek yang menjadi salah satu program andalan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) ini akan rampung Agustus mendatang.

“Awalnya, kita mau serah terima pada Juli. Namun setelah menghitung kembali, ternyata nanti Agustus baru bisa diserahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra. Sebelum diresmikan pada bulan yang sama, pihak perpustakaan akan melakukan penataan dan mengisi buku-buku,” kata Pahri Yamsul, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra.

Untuk pengerjaan fisik gedung kata dia, sudah 100 persen. Saat ini, pihaknya fokus penyelesaian interior dan landscape gedung perpustakaan. “Desember lalu, sudah selesai. Sekarang kita tinggal landscape saja. Khusus interior, nanti dari dinas perpustakaan,” jelas Ketua Perbasasi Sultra ini.

Gedung perpustakaan internasional sambungnya, tidak hanya menjadi pusat baca bagi masyarakat Kota Kendari khususnya para pelajar. Namun juga diproyeksikan menjadi wisata edukasi. “Konsep wisata edukasi dipilih dalam meningkatkan minat baca masyarakat maupun pelajar untuk mengunjungi perpustakaan,” ungkapnya.

Sesuai planning, gedung ini terinspirasi perpustakaan di Harvard University, AS. Atas dasar itulah, Gubernur Sultra berkunjung ke perpustakaan yang terletak di Cambridge, Massachusetts. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top