Metro Kendari

Sepanjang Januari-November 2020, Tim SAR di Sultra Selamatkan 757 Nyawa

KENDARINEWS.COM — Keberadaan SAR di Sultra sangat membantu penanganan musibah dan bencana. Selama periode Januari-November 2020, SAR telah terjun di 64 operasi atau kejadian yang membahayakan nyawa manusia. Dari kejadian itu, SAR berhasil menyelamatkan 757 jiwa. Humas Kantor SAR Kendari, Wahyudi mengatakan operasi yang ditangani SAR didominasi kecelakaan kapal. Dari 64 kasus, 38 diantaranya kecelakaan kapal. Selain itu, 23 kondisi membahayakan manusia dan tiga bencana alam. Untuk kecelakaan pesawat udara masih nihil.

Pada kasus kecelakaan kapal lanjutnya, sebanyak 262 orang selamat, empat orang meninggal dan tujuh orang hilang. Kondisi membahayakan manusia 58 orang selamat, 13 orang meninggal dan dua orang hilang. “Sementara untuk tiga bencana alam yang ditangani, 437 orang dinyatakan selamat dan tidak ada yang meninggal ataupun hilang,” rincinya. Jika dibanding periode November 2019 lalu, jumlah kasus kecelakaan yang ditangani SAR mengalami penurunan. Kendati demikian, jumlahna kemungkinan masih berambah sebab masih ada satu bulan lagi. “Semoga Desember ini kondisinya aman dan kondusif. Sejauh ini, tidak ada kendala SAR Kendari dalam melakukan operasi. Semua berjalan sesuai SOP, apalagi kami banyak terbantu dari tim gabungan yang senantiasa membantu kami saat melakukan operasi,” katanya.

Operasi SAR tahun ini, didominasi orang tenggelam, tersesat dalam hutan yang menyumbangkan dan menambah jumlah korban jiwa yang meninggal dunia. Untuk itulah, dirinya berharap warga lebih hati-hati dalam melakukan aktivitas. Yang paling penting, perhatikan keamananya agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. “Para nelayan, sebelum melaut agar memperhatikan kelayakan kapal. Selain itu, persiapkan alat komunikasi dan navigasi, seperti marine radio, HP, peta, dan GPS, kemudian siapkan alat keselamatan, seperti pelampung dan ringboy. Terakhir selalu memperhatikan kondisi cuaca dengan melihat informasi dari BMKG sebelum melaut,” tutupnya. (b/ndi)

Operasi SAR Januari-November 2020

  1. Terjun di 64 Kejadian
    -Kecelakaan Kapal 38 Kasus
    -Kondisi Membahayakan Manusia 23 Kasus
    -Bencana Alam 3 Kasus
  2. Selamatkan 757 Jiwa.
    -Kecelakaan Kapal 262 Orang Selamat
    -Kondisi Membahayakan Manusia 58 Orang Selamat
    -Bencana Alam 437 Orang Selamat
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top