HEADLINE NEWS

Senin, Bupati Konsel dan Konut Dilantik di Rujab Gubernur

KENDARINEWS.COM — Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) terpilih hasil Pilkada 2020, duet Surunuddin Dangga-Rasyid (Suara II) dipastikan dilantik hari Senin, 26 April 2021 sekira pukul 10.00 Wita. Duet Suara II itu tak sendiri dilantik. Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara, Ruksamin-Abuhaera juga bakal dilantik serentak oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Rujab Gubernur.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah mengantongi Surat Keputusan (SK) pengangkatan dan pelantikan dua pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konsel dan Konut. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemprov Sultra, Basiran mengatakan, SK Pelantikan Bupati Konsel dan Konut dijemput secara langsung di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Alhamdulillah, saya sudah ambil SK Bupati dan Wakil Bupati Konsel dan Konut di Kemendagri, ” kata Basiran saat dihubungi Kendari Pos.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda Sultra itu mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan seluruh prosedur pelantikan. “Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel serta Konut dilaksanakan secara serentak 26 April sesuai surat Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemedagri. Pelantikan secara langsung di Rujab Gubernur,” ungkapnya.

Dalam surat Dirjen Otda Kemendagri itu dijelaskan pelaksanaan pelantikan secara hybrid atau perpaduan online dan offline seperti pelantikan bupati dan wakil bupati tahap pertama. “Untuk pelantikan nantinya kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Yang boleh masuk dalam acara pelantikan hanya beberapa orang saja,” jelas Basiran.

Surunuddin dan Ruksamin Bersiap Dilantik

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Surunuddin Dangga-Rasyid sudah bersiap dilantik. Pantauan koran ini, duet Suara II itu sudah fitting (mengepas) seragam pelantikan bupati dan wakil bupati. Mereka berfoto sembari mengenakan seragam. Bahkan ada momen mereka berfoto bersama istri masing-masing. Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Pemkab Konsel, Irsan Mangidi juga memastikan agenda pelantikan duet pemimpin Konsel, Surunuddin Dangga-Rasyid yang akan digelar Senin, 26 April 2021 di Rujab Gubernur.
“Sudah ada undangannya, pelantikan dilaksanakan pada pukul 10.00 Wita di Rujab Gubernur Sultra,” ujarnya kepada Kendari Pos, Jumat (23/4) kemarin.

Berdasarkan informasi dari protokol Kemendagri, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel dan Konut dilaksanakan pukul 10.00 Wita setelah upacara HUT otonomi daerah (Otda), sebab ada rapat kabinet pada Senin pagi. “Sehingga upacara peringatan HUT Otda digelar pukul 14.00 WIB dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel dan Konut dilaksanakan pukul 10.00 Wita,” rinci Irsan Mangidi.

ASN dan pejabat Pemkab Konsel akan menyaksikan pelantikan secara virtual. Sebab, undangan pelantikan terbatas. Undangan pelantikan hanya untuk Bupati dan Wakil Bupati Konsel serta pasangan masing-masing. Ditambah Ketua DPRD Konsel. “Untuk kesiapan virtual, kita kondisikan. Entah di kantor Bupati Konsel atau di Kendari. Mengingat sinyal kurang stabil, bisa saja menyaksikan pelantikan virtual digelar di Kendari,” tambah Irsan Mangidi.

Terpisah, duet Bupati dan Wakil Bupati Konut, Abuhaera mematangkan persiapan pelantikan. Keduanya juga sudah mengepas seragan putih pelantikan. Mereka juga sudah melakukan sesi pemotretan. Foto yang beredar, Ruksamin dan Abuhaera terlihat kompak dengan setelan putih saat sesi pemotretan. Keduanya saling membetulkan jika ada asesoris yang kurang pas di busana masing-masing. “Alhamndulillah, persiapan pelantikan Bupati Ruksamin dan Wakil Bupati, Abuhaera sudah tuntas. Mulai dari seragam hingga undangan pelantikan dari Pemkab Konut,” ujar Kabag Prokopi Pemkab Konut, LM. Amanuddin.

Untuk diketahui, Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Arsalim Arifin, periode 2016-2012, jatuh pada 23 Februari 2021. Tenggang waktu AMJ hingga hari pelantikan duet Surunuddin Dangga-Rasyid, Kabupaten Konsel di pimpin Pj.Bupati Andi Tenri Rawe Silondae. Sedangkan AMJ Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Raup, periode 2016-2021 jatuh pada 21 April 2021. Roda pemerintahan Kabupaten Konut dijalankan Pj.Sekda Kabupaten Konut, H.M.Kasim Pagala sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati. (rah/kam/min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top