Politik

Semua Paslon Komitmen Bangun SDM Wawonii

KENDARINEWS.COM — Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) yang digelar kemarin (13/11) berlangsung adem. Empat paslon beradu gagasan membangun Pulau Wawonii dengan santun dan mengusung visi yang sama; membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Wawaonii dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Ketua KPU Konkep Iskandar (tengah) bersama empat pasangan calon kepala daerah Konkep usai debat kandidat, Jumat (13/11).

Kegiatan yang berlangsung selama 150 menit di Aula SMP 2 Wawonii Barat itu dipandu presenter kenamaan Regina Valeria Putri. Kontestan debat adalah H. Amrullah-Andi Muhammad Lutfi, Abdul Halim-Untung Taslim, Musdar-Ilham Jaya dan Muh. Oheo Sinapoy-Mutaqin Sidik.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengatakan, sesuai dengan keputusan KPU nomor 467 tentang pelaksanaan debat dan peraturan KPU nomor 13 tahun 2020 tentangpelaksanaan Pilkada di tengah pendemi Covid-19. Serta PKPU 11 tahun 2020 tentang kampanye. Maka dalam setiap Pilkada, ada debat kandidat. “Kami sebagai penyelenggara teknis, dalam Pilkada tahun ini hanya satu kali debat kandidat. Yang diikuti seluruh pasangan calon,” katanya.

Dia mengatakan, jika dalam proses pelaksanaan debat kandidat, ada salah kata dan hal-hal lain yang menyinggung paslon dan simpatisan, pihaknya memohon maaf yang sebesar-besarnya. “Durasi debat kandidat, 30 menit iklan layanan publik dan 120 menit materi debat dengan enam segman. Pertama pemaparan visi misi, pendalaman visi misi, pemaparan tanya jawab dari panelis, pertanyaan visi misi dan pertanyaan cepat dan closing statetman,” tandasnya.

Calon Bupati Konkep petahana, H. Amrullah mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dasar kawasan pemukiman dan prasarana wilayah, meningkatkan daya saing SDM Wawonii, ekonomi berbasis kawasan strategis dan potensi unggulan daerah. Juga, meningkatkan kualitas birokrasi pelayanan publik tata kelola pemerintahan desa, ketahanan bencana dan lingkungan hidup serta meningkatkan kualitas penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan ketahanan budaya.

Calon Bupati Konkep independen Abdul Halim menjelaskan ada lima misi “FAJAR BARU” dalam membangun Konkep. Yakni mengembangkan SDM, perekonomian daerah berbasis sumber daya alam dan ilmu pengetahuan teknologi, pengembangan pemerintahan yang efektif dan yang baik, percepatan pembangunan infrastruktur baik dasar maupun pelayanan dan mengembangkan kemitraan baik lokal, nasional dan internasional.

Calon Bupati Konkep, Musdar mengaku mengagas enam misi membangun daerah. Di antaranya, memberikan masyarakat konkep hak menikmati kesehatan, pendidikan, air bersih, listrik, jaringan telekomunikasi yang memadai dan bantuan hukum.

Selain itu, mengembangkan kawasan strategis untuk mempercept pertumbuhan ekonomi kawasan melalui pengembangan infrastruktur, melestarikan nilai-nilai budaya Wawonii, memberikan pelayanan birokrasi melalui peningkatan kerja dan peningkatan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sementara itu, Calon Bupati Konkep Muh. Oheo Sinapoy melihat pembangunan infrastruktur jalan saat ini belum selesai, hasil bumi dan kualitas manusia rendah, nepotisme, korupsi dan perpecahan berpotensi jadi konflik. Karena itu, ia bertekad membangun SDM dan infrastrukturnya dari tingkat dasar. “Kami fokus pada pembangunan manusia dan kebutuhan dasarnya,” katanya.

Selain itu, untuk beasiswa Wawonii Cerdas, ia akan memberikan tambahan Rp 1 juta bagi mahasiswa yang berprestasi. Ada juga beasiswa unggulan bagi dokter umum dan spesialis. (san/b)

Calon Bupati Konkep petahana, H. Amrullah
“Mengusung visi berkelanjutan, menuju Wawonii bangkit dalam bingkai lingkaran hati emas 2026,”

Calon Bupati Konkep independen Abdul Halim
“Mewujudkan Konkep sebagai poros pertumbuhan baru, yang maju bahagia dan berkelanjutan,”.

Calon Bupati Konkep, Musdar
“Siap mewujudkan Konkep yang berkeadilan, maju dan bermartabat yang berbasis melaksanakan pemerintahan yang baik dan bersih,”

Calon Bupati Konkep Muh. Oheo Sinapoy-Mutaqin Sidik
“Siap menuntaskan jalan lingkar dalam waktu dua tahun,”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top