Nasional

Semangat Belajar Siswa Harus Terus Berkobar


KENDARINEWS.COM — Kualitas pendidikan anak bagian dari fokus pembangunan Sultra Cerdas Pemprov Sultra. Sebagai mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Nasional (Diknas, kini Dikbud) Konawe, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas khatam soal bagaimana menjamin pendidikan anak. Metode pembelajaran terus berdinamika.

Nah, di tengah pandemi Covid-19 ini, model pembelajaran pun berubah yakni pembelajaran jarak jauh berbasis daring atau online. Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas ingin kualitas pendidikan anak tak terabaikan. Selain guru, peran aktif orang tua dalam memantau proses belajar anak-anaknya secara online di rumah sangat penting. Orangtua menjadi “guru” pendamping bagi anak yang belajar online di rumah.

“Saat ini, telah banyak laporan para orang tua ingin anak-anaknya segera belajar di sekolah. Tetapi kita harap para orang tua bisa lebih bersabar. Bahkan kita terus dorong orang tua agar terus mendukung dan aktif mengawasi anak-anaknya belajar dari rumah,” kata Lukman Abunawas.

Bagi mantan Bupati Konawe dua periode itu, pembelajaran dari rumah ini bukan serta merta keinginan para orangtua, apalagi para siswa. Namun, pemerintah mengambil langkah ini, semata-mata demi melindungi para pelajar atau generasi bangsa dari ancaman pandemi Covid-19.

“Situasi ini mungkin tak mudah bukan saja bagi orang tua tetapi juga anak-anak kita. Sebab sudah lebih dari setahun mereka tak menjalani aktivitas belajar normal pada umumnya siswa siswi kita terdahulu. Mereka mungkin mulai jenuh dan sudah rindu untuk bisa bertemu dengan teman-teman dan guru-guru di sekolah, dengan suasana belajar tatap muka. Tapi kita harap mereka bisa bersabar dulu, “ungkap Lukman Abunawas.

Dalam kondisi pandemi, semangat belajar siswa harus terus berkobar untuk selalu menunjukkan prestasi. Pada sisi lain, pemerintah terus melakukan langkah terbaik melalui kebijakan-kebijakan demi kesejahteraan dan keselamatan seluruh rakyatnya. “Terus semangat dan tetap berprestasi meski hanya belajar dari rumah. Orang tua diharapkan mampu terus mendorong prestasi anaknya. Mari sama-sama kita tekan angka penyebaran Covid-19 dengan berdoa dan berikhtiar agar suasana bisa kembali normal,” ungkap Lukman Abunawas. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top