HEADLINE NEWS

Seleksi Lima Jabatan Eselon II Pemkot Tunggu Rekomendasi KASN

KENDARINEWS.COM — Seleksi lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Pemkot Kendari telah masuk tahap akhir. Saat ini, Panitia Seleksi (Pansel) tinggal menunggu rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN). Calon yang memenuhi syarat nantinya akan diserahkan ke Wali Kota untuk ditetapkan menjadi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memastikan lelang jabatan eselon II benar-benar objektif. Makanya, ia turut menggandengan KASN sejak awal. Langkah ini tak lain untuk menjaring pejabat yang berkompeten dan amanah. Dengan begitu, akan tercipta birokrasi yang bersih dan berwibawa.

“Saya sudah instruksikan kepada pansel agar betul-betul selektif dalam mencari pemimpin. Pastikan pejabat yang lolos seleksi adalah benar-benar yang cakap, mereka yang kreatif dan inovatif dan memiliki mental dan karakter yang baik serta melahirkan pimpinan yang bebas dari perilaku suap, pungli dan gratifikasi (SPG),” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Ketua Pansel JPTP Kota Kendari, Hj Nahwa Umar mengaku pelaksanan seleksi berlangsung lancar tanpa kendala. Kini, pihaknya tinggal menunggu keputusan KASN terkait peserta yang dinyatakan kompeten menjadi pejabat eselon II dan berhak mengisi kekosongan jabatan 5 instansi di lingkupnya. Nahwa tak memastikan kapan rekomendasi itu diberikan. Yang jelasnya, jika sudah ada keputusan, pihaknya bakal segera melakukan pelantikan bersamaan dengan pelantikan Camat Nambo.

Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kendari memastikan ASN yang menjadi penjabat eselon II harus benar-benar memiliki kapasitas dan kemampuan menjadi seorang leader dilingkupnya. Pasalnya, mereka dihasilkan melalui seleksi yang ketat atau sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Nomor 15 tahun 2019 tentang tata cara pengisian JPT secara terbuka dilingkungan instansi pemerintah. (b/ags)

Lima Jabatan yang Dilelang
-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
-Dinas Perumahan, Wilayah Permukiman dan Pertanahan
-Dinas Sosial
-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
-Kepala Satuan Polisi Pamong Praja

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top