Aneka

Selain Nasi, 3 Makanan Ini Bahaya Untuk Penderita Diabetes

KENDARINEWS.COM– PENDERITA diabetes memang memiliki beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Hal ini karena beberapa makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah mereka. Nasi memang boleh dikonsumsi penderita diabetes, tetapi Anda harus menghindari kombinasinya dengan beberapa makanan ini. Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Minum Air Kelapa, Ini 6 Alasannya Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mi instan Tidak sedikit orang yang gemar megonsumsi mi instan. Bahkan banyak di antaranya yang juga makan mi instan dengan nasi. Mi instan terdiri karbohidrat yang didapat dari tepung olahan. Kalau ditambah dengan nasi, kita sama saja makan karbohidrat dua kali lipat lebih banyak. Itu akan meningkatkan gula darah kita jauh lebih cepat. Kebiasaan makan mi instan dan nasi putih ini hanya membuat tubuh kita terisi karbohidrat yang akan diubah jadi gula.

Selain mi instan, kita juga harus menghindari makan nasi putih dengan beragam jenis karbohidrat lainnya, seperti kentang, ubi, dan jagung.

2. Daging Merah Perpaduan antara nasi dan daging merah benar-benar bisa jadi mimpi buruk semua orang. Apalagi kalau keduanya dimakan dalam porsi yang banyak berulang-ulang dan sering.

Pada dasarnya, nasi putih memang dikenal bisa berpengaruh pada penyakit diabetes karena glukosa di dalam nasi putih yang sulit dicerna oleh tubuh. Namun, jika tambah dengan makan daging merah, peluang kita kena diabetes akan semakin tinggi. Seorang peniliti asal Inggris meneliti 32.147 partisipan perempuan dalam studinya selama 17 tahun. Hasilnya, perempuan pemakan daging merah dan daging olahan ternyata berpeluang sangat besar terkena kanker usus daripada yang makan daging ayam atau seafood

Dengan kata lain, perpaduan antara makan nasi putih dan daging merah benar-benar bisa membahayakan tubuh.

3. Gorengan Selain makan nasi dengan mi instan, banyak juga yang suka mengonsumsi nasi bersamaan dengan gorengan sebagai lauk. Makanan yang digoreng atau gorengan punya lemak jenuh yang tinggi. Sehingga bisa meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh kita dan mengakibatkan Anda lebih rentan kena serangan jantung. Belum lagi makanan yang digoreng biasanya juga menambahkan unsur tepung terigu di dalamnya. Dengan kata lain, kita juga ikut menambahkan karbohidrat yang membuat kita lebih berpeluang terkena diabetes.(genpi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top