Sekot Kendari Usul Penumpang dari Jawa Dikarantina

Nahwa Umar

KENDARINEWS.COM — Wabah Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di sejumlah kota besar. Jumlah warga yang terpapar terus menunjukan tren peningkatan. Atas dasar itulah, Sekot Kendari, Hj Nahwa Umar meminta pihak bandara Haluoleo untuk mengetatkan pengawasan terutama penumpang dari daerah yang mulai menyebar virus ini.

Nahwa mengaku wabah omicron sangat cepat menyebar. Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Satgas Penanganan Covid-19, wabah tersebut memiliki tingkat penularan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan varian delta. “Pergerakan (penularannya omicron) cepat sekali. Meskipun tidak seganas delta tapi penyebarannya itu yang begitu cepat. Kita harus waspada,” ungkap Nahwa, kemarin.

Sebagai bentuk pencegahan, Nahwa mengaku telah meminta pihak Bandara Haluoleo untuk memperketat pengawasan terhadap sejumlah penumpang pesawat, terutama pada penumpang dari Jakarta atau pulau Jawa. “Saya sudah pernah sampaikan kepada pihak bandara dan Angkatan Udara (AU), tolong diperketat. Jangan sampai ada yang lolos. Kalau perlu di bandara disiapkan tempat karantina. Di karantina dulu sebelum masuk (Kota Kendari),” kata Nahwa Umar.

Terpisah, Kepala Kantor UPBU Kelas I Halu Oleo, Bemyamin Noach Apituley mengatakan pengawasan terhadap pelaku perjalanan di bandara masih mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 22 Tahun 2021 dan SE Kemenhub Nomor 96 Tahun 2021 tentang persyaratan penerbangan dalam negeri.

Dalam aturan tersebut, pihaknya dalam melakukan pengawasan penumpang perjalanan hanya memeriksa kartu vaksin dan hasil negatif antigen maupun Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap sejumlah penumpang yang dari/ke bandara Pulau Jawa – Bali. “Penumpang wajib tunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif antigen atau PCR,” kata Benyamin.

Menyangkut karantina terhadap penumpang dari Jakarta (Pulai Jawa), Benyamin mengaku belum mendapatkan instruksi dari pusat dalam hal ini Satgas Penanganan Covid-19. “Belum ada informasi,” singkatnya. (b/ags)

Pengawasan di Bandara Haluoleo
Pemeriksaan Kartu Vaksin
Penumpang Wajib Kantongi Hasil Tes Negatif
PCR dan Tes Antigen bagi Penumpang (Terutama dari/ke Jawa/Bali)

Acuan Pengawasan
SE Satgas Covid-19 Nomor 22 Tahun 2021
SE Kemenhub Nomor 96 Tahun 2021

Untuk Karantina Tunggu Instruksi Pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *