Buton

Sekolah Dibuka, Diknas Minta Restu Orang Tua Siswa

KENDARINEWS.COM — Setelah ditutup sementara karena pandemi Covid-19, sekolah di Buton kini sudah mulai dibuka kembali. Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka mulai dilakukan sejumlah satuan pendidikan tersebut. Tetapi dengan catatan, atas restu orang tua siswa. Karena itu, Dinas Pendidikan menyurati ortu siswa untuk menandatangani surat mengizinkan anaknya mengikuti PBM di sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, La Naji, mengatakan, persiapan PBM tatap muka sudah selesai. Evaluasi terhadap kesiapan sekolah telah dilakukan. Kini tinggal menunggu respon orang tua siswa. “Di dalamnya, memuat poin-poin yang harus dilakukan orang tua. Intinya bahwa kita punya tanggung jawab yang sama selama siswa mengikuti PBM di sekolah, dan itu bermaterai,” katanya. Manajer Dana BOS Kabupaten Buton itu menambahkan, pembukaan sekolah tersebut dikarenakan status kewaspadaan Covid 19 yang kini masuk zona kuning. Dalam peraturan Menteri Pendidikan, daerah dengan predikat zona kuning diizinkan untuk PBM tatap muka.

“Selain itu, ini juga karena desakan orang tua, yang meminta anaknya diajar langsung seperti biasa,” tambahnya.
Orang tua wali siswa juga bersedia membimbing anaknya untuk menaati protokol kesehatan di sekolah. Seperti memakai masker dan rajin cuci tangan serta jaga jarak. “Pihak sekolah juga harus menata ruangan dengan baik, jarak kursi disesuaikan,” tuturnya. Setelah mendapat sebagian besar izin dari orang tua siswa, maka sekolah diperkenankan memulai pembelajaran. “Ada yang sudah mulai, ada yang belum juga. Sesuai kesepakatan. Kita di dinas hanya memfasilitasi,” tutupnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top