Metro Kendari

Sasar 7 Ribu Orang, Vaksinasi Lansia di Kendari Dimulai Maret

KENDARINEWS.COM — Cakupan vaksinasi Covid-19 terus diperluas. Selain tenaga kesehatan dan tokoh publik, Lansia juga masuk dalam sasaran prioritas program vaksinasi. Rencananya, Maret 2021 pemberian vaksin kepada lansia dimulai. Upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 yang masih menjadi pandemi di tanah air.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg Rahminingrum mengungkapkan, pemberian vaksian pada lansia sudah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Nomor 02.02/4/1/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan covid-19. “Pemberian vaksin bisa kita mulai pada Maret mendatang dengan pemberian dua kali suntikan dengan interval 28 hari,” ungkap Rahminingrum.

Tahap awal penyuntikan, menyasar 7 ribu Lansia di Kota Kendari. Data tersebut berasal dari sasaran lansia yang dikeluarkan oleh Kemenkes. “Tapi itu masih sebagian kecil saja. Kita masih akan mengcollect lagi jumlah pastinya melalui dinas terkait. Akan tetap ke 7 ribu Lansia itu sudah masuk sasaran utama,” kata Rahminingrum.

Oleh karena itu, Rahminingrum mengimbau kepada masyarakat terutama yang memiliki keluarga lansia untuk sekiranya memberikan pendampingan pendaftaran mendapatkan vaksin melalui website kendari.kemenkes.go.id. Itu untuk memudahkan pihaknya dalam melakukan pendataan. “Kami harap seluruh lansia kita bisa menerima vaksin karena mereka juga salah satu kelompok yang tinggi resiko penularan covid-19. Namun demikian jika ada lansia yang komorbid (punya penyakit bawaan) seperti hipertensi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung kingestif, paru kronis, asma, stroke dan penyakit lainnya itu bisa jadi pertimbangan untuk tidak diberikan vaksin,” jelas drg Rahminingrum. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top