Metro Kendari

Sambut Ramadan dengan Gembira dan Lapang Dada

KENDARINEWS.COM — Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Sulawesi Tenggara (Sultra) sekaligus Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra, KH. Muslim mengajak masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan ucapan tahniah atau ucapan selamat “Marhaban ya Ramadhan”.

Menurut KH. Muslim, mengucapkan selamat datang bulan Ramadan atau yang semisalnya termasuk salah satu bentuk meluapkan kegembiraan atas kedatangan “tamu” agung yakni bulan Ramadan yang penuh berkah. Bagi umat Islam, bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa sehingga harus disambut dengan sikap gembira.

“Kata marhaban memiliki arti luas atau lapang.
Kata ini diucapkan kepada tamu untuk menggambarkan bahwa ia disambut dengan hati lapang dan penuh kegembiraan. Sama halnya dengan Ramadan, ia sebagai tamu agung harus disambut dengan perasaan lapang dada dan penuh kesadaran bahwa melalui bulan ini kita dapat memperbaiki diri
sehingga mendatangkan berbagai macam berkah,” terangnya.

Saat ini lanjut KH Muslim, dunia sedang diuji dengan pandemi Covid-19. Momentum bulan Ramadan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk syahruttaubah (bertaubat) sehingga pandemi segera diangkat.

“Di masa pandemi ini, mari tingkatkan semangat dan menjalankan ibadah penuh kekhusyuan. Jangan ada alasan karena pandemi kita jadi menurunkan kualitas dan kuantitas ibadah. Mari kita beristigfar dan memohon kepada Allah agar Covid-19 segera diangkat,” imbaunya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top