Metro Kendari

Sambut Hari Kartini, Pemkot-Kendari Pos Gelar Lomba Antar Pengurus PKK

KENDARINEWS.COM — Tiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Tokoh perempuan yang juga merupakan pahlawan nasional yang terkenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Untuk mengenang kipra Raden Ajeng Kartini, Kendari Pos bersama Pemkot Kendari menggelar Kartini Day 2021. Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengungkapkan Kartini Day 2021 akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 7 hingga 8 April di aula Graha Pena Kendari Pos. Ada beberapa item lomba yang dipertandingkan. Lomba menulis kategori umum dan lomba pidato antar pengurus PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Kendari.

“Sejauh ini, persiapannya sudah cukup matang. Tinggal eksekusi pada waktu pelaksanaannya. Perayaan Gari Kartini tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena diperingati di tengah pandemi covid-19. Makanya, panitia mempersiapan segala item yang dibutuhkan agar lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ajang ini kata dia, menjadi momentum perempuan menunjukkan eksistensinya terutama mengasah kemampuan berpidato atau menulis. Dua jenis lomba ini sengaja dipertandingkan. Dengan begitu, suara perempuan layak dan pantas didengarkan. Emansipasi yang digaungkan Kartini mengharuskan perempuan bersuara. “Kaum hawa tak boleh hanya diam saja. Tak ada batasan, semua perempuan layak diberi kesempatan. Sebagai perempuan, banyak kesempatan luas yang bisa dicapai. Salah satunya berkarya dan mampu mandiri untuk mengisi pembangunan. Perempuan, mampu maju sesuai dengan keahlian masing-masing,” ujarnya.

Untuk lombanya, pihaknya telah menetapkan tema. Untuk lomba menulis temanya “Peran Perempuan di masa Pandemi covid-19”. Sementara lalu lomba pidato PKK tingkat kecamatan temanya ‘Kartini Tangguh Melawan Covid-19’ kemudian tingkat kelurahan temanya “Ibu Kuat Keluarga Sehat”. (c/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top