Konawe Selatan

Rute Amolengo-Labuan Dibuka Dua Pekan Lagi


KENDARINEWS.COM — Jalur pelayaran kapal motor penyeberangan (KMP) Semumu yang melayani rute Amolengo (Konawe Selatan)-Labuan (Buton Utara) baru akan difungsikan pada 17 hari ke depan. Itu karena dermaga pelabuhan Labuan masih dalam proses perbaikan. Saat ini pelayanan dialihkan sementara ke jalur penyeberangan rute Amolengo-Pure (Muna) sejak 29 Agustus lalu.

“Jadi tunggu 17 hari lagi baru dapat digunakan, sebab tunggu kering dulu betonnya baru kita lanjutkan. Lama kerjanya harus satu bulan lebih,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra), Hado Hasina, di DPRD Sultra, Senin (19/10).

Layanan penyeberangan dari Amolengo ke Labuan untuk sementara waktu dialihkan ke dermaga Pure. Pihak Dishub Sultra memerkirakan, arus pelayaran dari rute sebelumnya akan normal dalam dua pekan ke depan. Tampak situasi di Pelabuhan Amolengo, Konsel.

Hado menjelaskan, dalam dua pekan ke depan rute tersebut akan kembali normal. “Jadi karena masuk masa pemeliharaan dan memang rusak, maka pelabuhan itu harus diperbaiki,” sambung mantan Pj Wali Kota Baubau tersebut. Untuk pemeliharaan satu pelabuhan, idealnya menghabiskan anggaran hingga Rp 9 miliar. Namun karena dana tidak mencukupi, maka pihak Dishub menggunakan anggaran yang ada.

“Jadi karena yang ada Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar, kita gunakan itu dulu secara bertahap. Anggaran dalam pemeliharaan yang diplotkan untuk kami sekitar Rp 1,4 miliar. Jadi nanti semua pelabuhan begitu, diperbaiki dan rute pelayaran dialihkan sementara,” papar Hado Hasina. Ia menegaskan, dalam masa pemeliharaan infrastruktur pelabuhan, pelayanan penyeberangan tidak boleh dihentikan. Sehingga masyarakat dapat tetap melakukan perjalanan. “Perputaran roda ekonomi di masyarakat juga harus tetap berjalan,” tandasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top