Metro Kendari

Rusmin Abdul Gani : HIPTI Wadah Bagi Pengusaha Berkiprah di Daerah Sendiri

KENDARINEWS.COM — Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki sumber daya alam yang melimpah. Potensi yang besar ini mestinya dapat dikelola oleh masyarakat Sultra. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibentuklah Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sultra. Kehadiran HIPTI diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi bagi para pengusaha lokal dalam mewujudkan pembangunan daerah melalui kegiatan ekonomi.

HIPTI belum dikenal masyarakat luas. Untuk itu Dewan Pengawas HIPTI Sultra, Rusman Abdul Gani bersama Ketua HIPTI Sultra Muhammad Kobar ingin meneguhkan eksistensi HIPTI Sultra. Rusmin Abdul Gani mengatakan, para inisiator HIPTI menyadari bahwa Sultra merupakan salah satu “surga” investasi di Indonesia. Selain pertambangan, Sultra kaya akan sumber daya alam di bidang pertanian, perkebunan, dan kelautan.

Kehadiran HIPTI diharapkan menjadi wadah bagi para pengusaha Tolaki untuk bisa berkiprah di daerah sendiri dengan ikut mengelola sumber daya alam yang dimiliki Sultra. “Harapannya, melalui HIPTI, para pengusaha bisa memikirkan bagaimana mengelola kekayaan alam ini bersama-sama. Bukan tidak mungkin kita bisa membangun industri perkebunan, kelautan, bahkan pertambangan,” ujar Rusman Abdul Gani dalam Bincang Kita Kendari Pos Channel, Senin (22/2).

Menurut pria yang karib disapa RAG itu, pengusaha yang tergabung dalam HIPTI bisa saling memotivasi untuk meningkatkan kapasitas diri terutama para generasi muda. HIPTI juga diharapkan bisa berperan sebagai fasilitator pengusaha Sultra yang selama ini berkiprah di luar agar mau berinvestasi di daerahnya sendiri. “Yang memahami kondisi sosial masyarakat Sultra tentu pengusaha lokal yang ada di sini. Peran HIPTI di sini adalah memastikan agar investor dari luar bisa masuk dengan nyaman,” imbuhnya.

Di samping itu, kehadiran organisasi yang baru saja dideklarasikan pada 10 Februari 2021 tersebut diyakini bisa menjadi wadah promosi bagi para pengusaha Tolaki yang ada di Sultra. Mantan General Manager PT.VDNI itu menyebut, HIPTI Sultra tidak hanya fokus pada usaha berskala besar seperti konstruksi dan pertambangan. Sektor UMKM akan turut digerakkan dengan melibatkan pengusaha-pengusaha muda.

Kaderisasi para pengusaha baru akan dilakukan untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif sesuai dengan potensi daerah masing-masing. HIPTI bahkan berkomitmen untuk memberikan pelatihan-pelatihan, membantu permodalan, bahkan pemasaran para pengusaha muda tersebut.
“Kami ingin menggaungkan semboyan orang Tolaki yang berbunyi ‘Inae Konasara Ie Pinesara, Inae Liasara Ie To Pinekasara (siapa yang menghargai adat ia akan dihormati, siapa yang melanggar adat akan diberi sanksi)’. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia bahwa orang Tolaki sangat menghargai adat. Kami berkomitmen menjaga semboyan ini dalam menjalin kerja sama,” pungkas Rusmin.

Di kesempatan yang sama, Ketua HIPTI Sultra, Muhammad Kobar mengungkapkan HIPTI merupakan wadah untuk saling menguatkan alih-alih berkompetisi. Selama ini, kata dia, banyak pengusaha Tolaki yang sukses di luar Sultra namun kurang diberikan ruang untuk berkembang di daerah sendiri. Oleh karenanya, ia berharap pemerintah mau membuka ruang untuk para pengusaha Tolaki mengelola potensi daerahnya sendiri. Ia juga mengajak pengusaha-pengusaha Tolaki agar kembali ke Sultra untuk membangun daerah bersama-sama.

“Harapannya, orang Tolaki bisa menjadi pelaku utama dalam mengelola SDA di Sultra, bukan hanya menjadi penonton. Kita punya SDM, dana juga ada. Maka pemerintah perlu memberi ruangan dan mau melibatkan pengusaha dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dikerjakan tahun ini maupun tahun-tahun berikutnya,” tutur Muhammad Kobar yang juga Ketua DPD Pengembang Indonesia, Sultra itu. Sementara itu, Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin berharap HIPTI bisa melahirkan tokoh nasional dan mempromosikan Kendari di kancah nasional maupun global. Menurutnya, selama ini Sultra seringkali dianggap sebagai bagian dari Sulawesi Selatan. Padahal, potensi Sultra sangat besar. “Sebagai bagian dari stakeholder di Sultra, Kendari Pos siap mendukung HIPTI,” ujar Irwan Zainuddin. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top