Politik

Rusman Emba : Beri Kami Kesempatan Sempurnakan Pembangunan


KENDARINEWS.COM — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muna nomor urut 1, LM. Rusman Emba – Bachrun menggelar kampanye di wilayah Kecamatan Watopute, Muna. Tiga titik disambangi pasangan petahana tersebut yakni Desa Wakadia, Kelurahan Dana dan Kelurahan Wali. Rusman mengajak masyarakat agar tetap memenangkan dirinya pada Pilkada 2020 demi menjaga pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut.

LM. Rusman Emba – Bachrun saat menggelar kampanye di Watopute, akhir pekan lalu. Ikut mendampingi LM. Baharuddin, mantan Bupati Muna.

Kampanye pasangan berakronim “Terbaik” itu ikut dihadiri mantan Bupati Muna LM. Baharuddin dan sejumlah petinggi partai politik pengusung yakni PDIP, Golkar, PKB dan PKS serta Ketua Tim Pemenangan La Ode Saera. Sementara dari unsur tokoh masyarakat yang hadir meliputi empat pensiunan Kepala Dinas di Kab. Muna Barat, salah satunya Jakaruddin, mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Muna Barat.

Rusman menerangkan, selama menjabat Bupati Muna dalam empat tahun terakhir, wilayah Kecamatan Watopute selalu mendapat program pembangunan strategis. Terutama yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat. Contohnya, krisis air bersih yang mendera wilayah yang berbatasan dengan ibu kota kabupaten itu perlahan dapat teratasi berkat keberpihakan APBD dari tahun ke tahun. Delapan desa/kelurahan di wilayah tersebut kini mulai tersentuh jaringan pipa PDAM. “Meskipun kita pahami jika air bersih ini belum tuntas seluruhnya. Tetapi yakin saja jika program ini akan terus disempurnakan. Mulai 2021 nanti seluruh rumah akan mendapat sambungan pipa,” jelas Rusman disambut antuasias masyarakat.

Program monumental lainnya juga ialah pembenahan akses jalan Warangga yang menjadi jalur utama masyarakat Watopute menuju Kota Raha dan sebaliknya. Sejak 2018, jalur itu mulai dilebarkan dan dibuat dua jalur. Sedangkan tahun ini, jalur itu kembali dialokasikan dana pengaspalan ditambah pembangunan satu ruang terbuka hijau sebagai rest area bagi pengendara. Jalur itu juga dilengkapi dengan fasilitas penerangan sehingga malam hari tetap dapat dilalui dengan nyaman. “Tiang listrik ditengah jalan baru itu juga sudah mulai dipindahkan. Bahkan, RTH sudah mulai dikerjakan lengkap dengan empat lampu sorotnya. Kesan seram di Warangga akan kita hilangkan,” tuturnya.

Mantan Ketua DPRD Sultra itu juga memastikan jalan Desa Wakadia akan dibenahi pada 2021. Hal itu bukan janji semata, melainkan sudah terprogram dalam rencana pembangunan daerah. Ia meminta masyarakat tidak mudah percaya janji politik paslon lain karena hal itu hanya sebatas retorika yang belum tentu bisa dibuktikan. Sebaliknya, dirinya sudah mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat, meskipun realisasinya dilakukan bertahap. “Mereka itu hanya datang mengacaukan wilayah kita. Padahal, tidak ada yang dilakukan di Muna Barat, sekarang justru mau bikin janji lagi di Muna,” paparnya.

LM. Baharuddin ikut menguatkan pernyataan Rusman tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan. Ia meminta masyarakat mengedepankan falsafah Muna ‘koemo wuto sumanumo liwu’ (kesampingkan ego pribadi, kedepankan kepentingan daerah) sebagai landasan menentukan pilihan politik. Dirinya sudah memulai dengan legawa mendukung Rusman demi kepentingan pembangunan Muna yang lebih baik. “Kepala daerah harus dua periode agar programnya berlanjut. Kebiasaan kita ganti-ganti program harus disudahi, saatnya bersama memikirkan daerah,” imbuhnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top