Muna

Rusman Emba Agendakan Mutasi Besar-besaran

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akan kembali melakukan mutasi di lingkungan birokrasi dalam rangka meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Banyakl yang bakal dimutasi. Rencana mutasi itu menyasar pejabat fungsional maupun struktural. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Sukarman Loke, menerangkan, instansinya sudah menerima mandat dari Bupati, LM. Rusman Emba untuk melakukan identifikasi pada beberapa posisi jabatan yang performanya dinilai kurang memuaskan. BKPSDM pun sudah mengantongi nama-nama yang akan mengalami perombakan.

“Sore ini langsung kita eksekusi posisi yang perlu dibenahi. Surat Keputusannya tinggal ditandatangani,” jelasnya, Senin (22/2).
Ia menambahkan, mutasi akan dilakukan secara bertahap mulai dari pejabat fungsional maupun struktural. Di posisi fungsional, mutasi menyasar para guru, pegawai Puskesmas dan jabatan lain di organisasi perangkat daerah. Sedangkan mutasi untuk jabatan struktural akan dilakukan pada pejabat eselon kepala bidang hingga kepala dinas. “Tahap pertama para guru dulu, baru kemudian Puskesmas,” ujarnya.

Mantan Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna itu melanjutkan, mutasi bertujuan untuk penyegaran birokrasi dalam rangka optimalisasi kinerja terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas pelayanan publik. Menurutnya, birokrasi memang perlu disegarkan untuk menghindari kejenuhan dalam satu posisi tertentu. Selain itu, mutasi juga sengaja dilakukan sebagai bentuk promosi jabatan bagi mereka yang berkinerja baik. “Jadi ini bukan hukuman, melainkan penyegaran saja,” argumen Sukarman Loke. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top