Nasional

Ruksamin Dorong Persiapan SDM Unggul Menyongsong Industri Pertambangan

KENDARINEWS.COM.– Jazirah Sulawesi Tenggara termasuk di Konawe Utara (Konut), memiliki potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Potensi ekonomi tersebut mesti mendapat perhatian serius agar tercipta optimalisasi pengelolaan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu strateginya mendorong terciptanya industri pertambangan yang didukung kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Hal itu disampaikan Bupati Konut Ruksamin dalam webinar nasional dengan tema menyiapkan sumber daya unggul untuk mendukung industri pertambangan, Sabtu (4/9).

Bupati Konut Ruksamin mengatakan, untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan melalui pembangunan industri pertambangan di Sultra kuncinya hanya satu yaitu Investasi. Mengenai strategi meningkatkan investasi, sangat dibutuhkan penciptaan iklim investasi yang kondusif seperti kemudahan perizinan, jaminan lokasi, insentif pajak, dan kepastian hukum.

“Kunci pembangunan industri di Sultra adalah ketersediaan infrastruktur dan energi serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang industri, sehingga kompetitif perekonomian daerah semakin meningkat di masa depan. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan wilayah,” kata Ruksamin.

Bupati Konut dua periode itu menambahkan, untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang industri, diperlukan pengembangan sistem dan program pendidikan baik SMK dan Politeknik melalui sistem link and match dengan industri serta sistem pelatihan sekaligus penempatan kerja di industri Sultra.

Pemerintah Kabupaten Konut mendukung pembentukan program studi Teknik pertambangan Universitas Sulawesi Tenggara. Guna menyiapkan SDM unggul untuk mendukung Industri Pertambangan, khususnya di Kabupaten Konawe Utara,” tandas Ruksamin. (ali).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top