Wakatobi

Rp 2,5 Miliar Beasiswa PPB Cair Akhir Juni

Nurmasi,

KENDARINEWS.COM– Setelah tahap verifikasi berkas tuntas, Tim Program Pendidikan Bersinar (PPB) memastikan pencairan anggaran bantuan pendidikan sebesar Rp 2,5 miliar dilakukan pada akhir Juni ini. Bagi penerima bantuan siswa miskin (BSM) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta beasiswa prestasi kalangan mahasiswa, siap-siap mengecek buku rekening masing-masing. Untuk seluruh penerima juga diharapkan bisa memanfaatkan bantuan hingga beasiswa tersebut murni untuk keperluan sekolah.

Ketua Tim Verifikasi Berkas, PBB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi, Nurmasi, menjelaskan, paling lambat minggu ketiga bulan ini, dipastikan pencairan dana secara kolektif langsung masuk ke buku rekening masing-masing penerima.

Berbeda dengan tahun lalu, anggaran kali ini tidak ada lagi penambahan, sehingga pihaknya membatasi jumlah penerima. Meskipun animo calon peserta yang mengusulkan program ini masih cukup tinggi.

“Tahun lalu bisa kita usulkan di APBD Perubahan karena membludak yang masukan berkas. Tapi, tahun ini tidak demikian. Jadi maksimal diangka Rp 2,5 miliar, tidak lebih,” jelas Nurmasi, Senin (21/6). Kendati demikian, jumlah penerima tidak beda jauh dengan sebelumnya. Bagi mahasiswa yang lolos berkas, mencapai 900 orang. Begitu juga tingkat SD dan SMP yang hampir sama dengan tahun lalu. “Bahkan untuk tahun ini kami menyalurkannya lebih awal dibanding sebelumnya, agar sasaran tepat guna,” tambahnya.

Nurmasi berharap agar bantuan ini dimanfaatkan untuk pembayaran SPP dan kebutuhan sekolah pelajar yang memasuki tahun ajaran baru. “Kalau mahasiswa kan bulan Juli sudah mulai pembayaran SPP, jadi bisa mengurangi beban pembayarannya nanti dengan beasiswa ini. Kita berharap agar dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai harapan bersama, untuk meringankan beban orang tua baik pelajar maupun para mahasiswa,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top