Wakatobi

Rp 20 Miliar DAK 2021 untuk Rehab Sekolah

KENDARINEWS.COM — Tahun ini dana alokasi khusus (DAK) yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi sebesar Rp 20 miliar. Sementara tahun 2021 mendatang, Dikbud Wakatobi juga akan mencapat jatah DAK dan diproyeksi untuk rehabilitasi hingga pembanguan gedung sekolah baru.

Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi, mengaku tak mengetahui pasti besaran DAK tahun 2021 mendatang. Namun pihaknya mengalokasikan anggaran tersebut nanti untuk pembangunan gedung baru seperti laboratorium hingga perpustakaan. “Iya ada rehab sekolah, pembangunan gedung baru seperti laboratorium hingga perpustakaan mendapatkan anggaran dari DAK. Tapi untuk nilainya saya belum tahu secara pasti. Nanti saya cek kembali,” terangnya, Selasa (29/12).

Ia menambahkan untuk pembangunan tersebut merupakan usulan dari masing-masing sekolah. Namun, disesuaikan dengan data pokok pendidikan (Dapodik). “Kalaupun diusulkan tapi tidak sesuai dengan Dapodik maka itu akan ditolak. Jadi, memang harus sesuai,” sambung Ali Wangi. Sama halnya dengan 2021 nanti, tahun-tahun sebelumnya Dikbud Wakatobi selalu mendapatkan DAK hingga puluhan miliar rupiah. Tahun 2019 lalu, anggaran pembanguan fisik dan nonfisik mencapai Rp 32 miliar dan pada 2020 sekitar Rp 20 miliar. “Kita imbau pihak sekolah untuk memerhatikan memang Dapodiknya kalau mau usulkan rehab atau pembanguan gedung baru. Karena aturannya harus disesuaikan dengan data tersebut,” tandas Ali Wangi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top