Rp 1 Miliar untuk Beasiswa

Buton Tengah


KENDARINEWS.COM — Peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan terus direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Selain menyiapkan seragam gratis siswa, Pemkab juga mengalokasikan anggaran untuk beasiswa bagi para mahasiswa. Tahun ini, nilainya mencapai Rp 1 miliar.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Buton, Sardiman Razik, membenarkan hal itu. Ia mengatakan
Beasiswa Buton Cerdas bukan program baru. Melainkan sudah menjadi komitmen Pemkab untuk memberikan bantuan studi bagi mahasiswa yang memenuhi syarat. “Normal saja beasiswa itu yang keluarkan Pemkab. Hanya saja tahun lalu pagunya lewat Dinas Pendidikan. Tahun ini dikembalikan ke Setkab. Kebetulan Kesra yang menangani bagian itu, jadi pagunya pindah ke unit kerja kami,” papar Sardiman Razik.

Prosedurnya perekrutan, sama saja dengan sebelumnya. Akan ada tim yang mengkaji kelayakan setiap calon penerima beasiswa setelah mereka mengajukan proposal. “Harus ada tim yang akan mengkaji, ada yang mengajukan proposal. Anggarannya Rp 1 miliar, sama saja dengan syarat-syarat di Diknas kemarin. Saya masih pelajari juga, karena kita baru menangani ini,” tambahnya.

Menurut Sardiman, daerah menyediakan anggaran itu untuk mengisi kebutuhan yang sifatnya urgen. “Seperti jurusan kedokteran dan sekolah pariwisata. Itu yang prioritas,” terangnya. Beasiswa tersebut akan disalurkan setelah penyesuaian regulasi. Kesra menargetkan realisasinya di triwulan ketiga tahun ini. “Ada Peraturan bupati yang kita perbarui, karena rumah pagunya sudah beda,” pungkas Sardiman. (c/lyn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *