Nasional

Ronaldo Adalah Mesin!

KENDARINEWS.COM — Portugal sukses mengawali langkah di grup neraka ini dengan menghajar Hungaria 3-0 di Budapes. Portugal menang lewat gol Raphael Guerreiro menit 84, serta dua gol sang kapten Cristiano Ronaldo menit 87 (penalti) dan 90+2.

Ronaldo pun kini telah melewati Michel Platini (Prancis, 9 gol) dan menjadi pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa (11 gol). Dia juga menjadi pemain pertama yang tampil dan mencetak gol di lima putaran final Piala Eropa. Sementara itu, Jerman harus mengakui ketangguhan Prancis meski main di Allianz Arena. Tim besutan Joachim Loew itu menyerah 0-1, di mana gol bunuh diri Mats Hummels menjadi pembeda.

Cristian Ronaldo (Getty Images/Alex Pantling)

Portugal akan lolos ke babak berikutnya jika mampu mengalahkan Jerman. Portugal juga pasti finis di dua besar jika mereka menang di Munich, sedangkan Hungaria gagal mengalahkan Prancis di partai lainnya.

Tugas Jerman jauh lebih berat. Pemilik tiga gelar Piala Eropa takkan bisa finis dua besar jika kalah dari Portugal, sedangkan Prancis tidak kalah saat melawan Hungaria di Puskas Arena. Manuel Neuer dan kawan-kawan perlu mengalahkan Portugal jika ingin menghidupkan peluang untuk lolos ke fase selanjutnya. Namun, mengalahkan Portugal tidak bakal mudah, karena lawannya itu sedang diliputi kepercayaan diri tinggi. Jalan terjal mengadang tim Der Panzer.

Jerman akan kembali main di rumah sendiri. Kali ini, mereka tentu ingin bermain jauh lebih baik daripada ketika ditaklukkan Prancis. Ketika bertemu terakhir kali, yakni di penyisihan grup Piala Dunia 2014, Jerman menghajar Portugal empat gol tanpa balas. Thomas Muller mencetak hat-trick, sedangkan Mats Hummels menyumbang satu gol untuk Jerman. Mampukah Jerman mengulanginya, ataukah Portugal yang kali ini akan keluar sebagai pemenang?

Legenda sepak bola Portugal, Nuno Gomes, mengatakan bomber timnas Portugal di Euro 2020, Cristiano Ronaldo ibarat mesin yang terus memburu prestasi. Ronaldo menampilkan performa yang impresif di laga perdana Euro 2020. Pemain berusia 36 tahun itu mencetak dua gol dan membawa Portugal menang dengan skor 3-0 melawan Hungaria pada duel di Puskas Arena.

NUNO GOMES
LEGENDA SEPAK BOLA PORTUGAL

Dua gol tersebut membuat Ronaldo tercatat dalam sejarah. Ronaldo kini menjadi top skor sepanjang masa Euro. Pemain yang membela Juventus itu kini mencetak 11 gol dan melewati capaian Michael Platini. Ronaldo tidak lagi muda. Pada usia 36 tahun, ada banyak pemain yang sudah tidak lagi bermain di level kompetitif. Namun, Ronaldo berbeda. Nuno Gomes pun melihat eks pemain Real Madrid itu sebagai mesin.

“Ronaldo adalah mesin!. Cristiano sudah membuat kami percaya bahwa, baginya, tidak ada yang mustahil. Dia sangat termotivasi dan kami berharap dia memberikan segalanya. Dia mungkin telah kehilangan beberapa kecepatan dan ledakan tetapi telah mendapatkan bakat untuk mencetak gol dengan banyak cara. Penempatan posisi sangat penting dan dia berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, sesuatu yang penting bagi seorang striker,” ucap Nuno Gomes seperti dikutip dari situs resmi UEFA. (net)

Portugal vs Jerman
Sabtu, 19 Juni 2021
23.00 WIB

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top