Buton Utara

Ridwan Zakariah Resmikan Gedung BLK Butur

KENDARINEWS.COM — Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Buton Utara (Butur) akhirnya difungsikan. Dengan peresmian gedung pusat pelatihan bagi masyarakat di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara diharapkan dapat memberikan dampak terutama dalam mencetak pekerja terampil. Bupati Butur, Ridwan Zakariah, meresmikan langsung gedung BLK tersebut, Senin (12/4). Mantan Sekab Buton itu meminta, agar infrastruktur itu digunakan semaksimal mungkin untuk mencetak pekerja berketerampilan mumpuni.

“Adanya BLK dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan UMKM wajib menginisiasi terselenggaranya berbagai pelatihan untuk melatih masyarakat bisa bekerja terampil sehingga mendorong peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah,” ujar Ridwan Zakariah saat meresmikan gedung BLK. Pengelolaan BLK sebagai salah satu strategi menjawab persaingan dunia kerja yang kian ketat. Melalui BLK, pemerintah berupaya mengasah kompetensi tenaga kerja agar sesuai kebutuhan industri kerja. Berbagai upaya dilakukan Pemkab Butur untuk menekan angka pengangguran. Salah satunya, mendorong Balai Latihan Kerja untuk terus mencetak sumber daya manusia dengan keahlian sesuai kebutuhan industri atau perusahaan kekinian.

Dengan konsep itu, balai-balai pelatihan kerja dapat berperan aktif. Hal tersebut diyakini dapat menjadi alternatif dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan global yang semakin ketat. “Kedepannya kita harus benahi dengan baik, tata dengan baik dan memberi manfaat bagi masyarakat sebagai tempat pelayanan juga di harapkan mampu memberikan penyuluhan di masyarakat Buton Utara. Khususnya Pemkab, harus memberikan bimbingan dan penyuluhan di masyarakat, karena hanya dengan bekerja sama kita bisa tingkatkan pertumbuhan ekonomi kita” imbaunya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Butur, Tayeb, menegaskan, pihaknya siap mengemban tugas mencetak pekerja handal melalui pelatihan di BLK. Selain itu, mantan Kadis Lingkungan Hidup itu menyebutkan, sebanyak 197 koperasi tercatat aktif di Kabupaten Buton Utara. “Insya Allah setelah lebaran kita akan mengundang koperasi yang maju. Gedung BLK sekaligus menjadi kantor Dinas Koperasi, Ketenagakerjaan dan UMKM untuk sementara,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top