Metro Kendari

Respon OPD Lamban, Baru 20 yang Input RUP

KENDARINEWS.COM — Upaya Pemprov Sultra mempercepat lelang sedikit menemui kendala. Hingga kini, masih ada Organisasi perangkat Daerah (OPD) yang menginput paketnya dalam Sistem Rencana Umum Pengadaan (Si-RUP). Padahal Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sultra terus melayangkan surat jauh-jauh hari.

Kepala BPBJ Sultra, La Ode Adili meminta OPD segera mengusulkan Rencana Umum Pengadaan (RUP)-nya agar proses tender pengadaan jasa dan barang bisa dimulai. Sejauh ini, baru 20 OPD yang mengajukan. Tahun 2021, Pemprov menargetkan bisa masuk 10 besar nasional dalam percepatan lelang. “Saya minta support OPD. Meski kami ingin mempercepat tender, namun bila usulan OPD belum juga dimasukkan tentu tak bisa terwujud. Jika proses cepat, secara otomatis serapan anggaran akan lebih maksimal,” pinta Adili.

Percepatan tender kata dia, harus dimulai dari penginputan RUP. Namun sebagaian OPD belum mengajukan. Sementara sudah dua kali pihaknya menyurati OPD. Saat ini, sebanyak 27 OPD belum menginput. “Saya kira ini sudah termasuk terlambat,” ujarnya. Bagi OPD yang memiliki program proyek strategis sambungnya, segera menyampaikan ke BLP secara manual terlebih dulu. Nanti setelah di tetapkan APBD, baru dilakukan penginputan berdasarkan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP). “Intinya kita jalan dulu, demi percepatan,”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top