Kolaka Utara

Realisasi Vaksinasi Kolaka Utara Tertinggi di Sultra

KENDARINEWS.COM — Dari update data Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tergambar, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) merupakan daerah yang telah merealisasikan vaksinasi dengan jumlah tertinggi di Bumi Anoa saat ini. Masih ada data tambahan yang belum terinput secara online, namun telah direkap secara manual. Kepala Dinas Kesehatan Kolut, Irham, menjelaskan, sejak Senin (8/3), mulai berlangsung vaksinasi Covid-19 untuk ASN dan TNI-Polri tahap ke II gelombang pertama. Salah satunya adalah Wabup Kolut, H. Abbas yang sebelumnya sempat ditunda karena mengalami gangguan kesehatan. “Hari ini 90 orang pada tiga sarana pelayanan baik ASN, DPRD dan TNI-Polri,” ujarnya.

Irham mengaku, untuk tahap pertama bagi tenaga kesehatan (Nakes) telah mencapai 77 persen dan dipastikan tuntas pekan ini. Bagi ASN dan pejabat publik baik staf hingga honor segera menyetor data untuk mempercepat capaian target sasaran tahap II. Pasalnya, jika data itu minim maka juga berdampak pada kurangnya jumlah vaksin yang akan diterima Pemkab untuk jatah selanjutnya. “Kalau sedikit dilapor, maka sedikit juga vaksin yang datang,” ucapnya.

Sementara itu tahap II ASN dialokasikan 1.300 dosis untuk 600 orang. Pihaknya pun mempercepat pendistribusian dan vaksinasi untuk mempersingkat waktu pelaksanaan. Meski begitu, saat ini Kolut tetap menduduki vaksinasi tertinggi di Sultra. Setelah vaksinasi bagi Nakes maupun ASN serta jajaran instansi pemerintahan, diharapkan mulai menyentuh masyarakat umum. Ia berharap Kolut segera menuntaskan program itu agar bebas dari Covid-19 dan semua masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top