Kolaka Utara

Ratusan Peserta Ramaikan MTQ ke-15 Kolut, Pawai dan Dua Cabang Lomba Ditiadakan

KENDARINEWS.COM — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) resmi ditabuh. 208 kontestan lomba siap berkompetisi selama empat hari. MTQ di Kolut digelar secara terbatas dengan mengikuti protokol kesehatan. Bupati, Nur Rahman Umar hadir membuka langsung seremonial keagamaan tersebut di Islamic Centre Masjid Agung Bahru Rasyad wal Ijtihad, Lasusua, Senin (15/2) malam.

Kabag Kesra Setkab Kolut, Ahmad Sanusi, menyampaikan, tahun ini hanya ada lima cabang lomba yang digelar dan tempat pelaksanaannya juga pada tiga titik, yakni Masjid Agung, Nurul Hilal dan Masjid Al-Ihlas. “Tidak ada upacara pembukaan dan penutupan secara terbuka karena itu mengundang banyak orang berkumpul. Langsung dibuka oleh bupati di Islamic Centre,” jelas Ahmad Sanusi.

Pada kegiatan pembukaan, masing-masing kecamatan hanya diminta perwakilan hadir sebanyak lima orang. Selebihnya dari aparatur Pemkab, DPRD dan tamu undangan dari lintas instansi vertikal. Selain upacara pembukaan yang ditiadakan, pawai taruf, lomba kasidah dan bintang vokalis juga tak digelar. Agar peserta tidak berkonsentrasi di lokasi pagelaran, jam lomba diperpanjang mulai pukul 08.00 hingga 24.00 Wita. “Intinya lomba atau kegiatan yang bakal mengundang keramaian kita tiadakan. Fokus ke perlombaan saja,” tuturnya.

Lima cabang lomba dipertandingkan tahun ini, namun empat lainnya yang utama seperti tilawah semua tingkatan usia dan hifsil Quran 1 jus, 5, 10, 20 dan 30 jus. Selanjutnya tartil Quran, lomba tafsir baik ke dalam bahasa Arab, Inggris dan Indonesia serta hifsil hadis 100 dan 500 hafalan. Keempat cabang ini diprioritaskan karena finalisnya akan direkomendasikan sebagai perwakilan kabupaten pada MTQ tingkat provinsi, awal April mendatang. Kolut optimis bakal meloloskan lagi duta ke ajang nasional sebagaimana tahun sebelumnya. “Semua persiapan sudah matang dan kami berharap lancar hingga penutupan, Kamis mendatang. Juara umum tahun lalu Kecamatan Lasusua,” pungkas Ahmad Sanusi. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top