Metro Kendari

Rapat Bareng TNP2K, Wawali Paparkan Penanganan Kemiskinan

KENDARINEWS.COM — Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran benar-benar memanfaatkan moment saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Dalam Rakor yang dilakukan secara virtual itu, pasangan Sulkarnain Kadir ini memaparkan langkah Pemkot Kendari dalam upaya Sejak pandemi kata Siska, Pemkot Kendari telah melakukan berbagai terobosan. Tidak hanya melakukan upaya pencegahan, pemerintah turut menyalurkan bantuan terhadap warga yang terdampak maupun kurang mampu. Apalagi tidak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

“Pandemi menyebabkan roda perekonomian lesu. Masyarakat banyak yang kehilangan perkejaan baik karena dirumahkan atau di- PHK. Makanya, pemerintah memberi perhatian besar. Bantuan dari pemerintah pusat kita kelolo secara bijaksana. Selain itu, kami juga bantuan sembako dan bantuan bagi karyawan terdampak Covid-19,” jelas Siska Karina Imran dalam Rakor Penguatan Peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) bersama TNP2K, Selasa (6/10).

Tidak hanya pekerja yang dirumahkan atau di-PHK, Pemkot juga memberikan bantuan kepada para pedagang pasar, kaki lima dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di sisi lain, Pemkot turut memberikan subsidi kepada pelaku UMKM yang terkena dampak pemberlakukan jam malam. “Pak wali telah memerintahkan untuk melakukan pendataan kepada pihak yang terdampak untuk selanjutnya diverifikasi oleh Inspektorat agar bisa diberikan bantuan ke pelaku usaha yang terdampak Covid-19. Besaran konpensasi yang diberikan Rp 300 ribu,” ungkapnya.

Istri mantan Wali Kota Kendari ini menyampaikan banyak hal penanganan kemiskinan yang telah dilakukan pemerintah selama pandemi. Diantaranya, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), termasuk realisasi bantuan listrik gratis, kartu prakerja dan subsidi gaji karyawan melalui BPJS Ketenagakerjaan. “Banyak pembicara dalam rapat tersebut. Pada dasarnya, materinya menyangkut dampak yang juga bisa timbul akibat persoalan kemiskinan termasuk stunting,” ujar Siska. (b/m2)

Penanganan Kemiskinan di Masa Pandemi
-Salurkan Bantuan Sembako
-Bantuan Langsung Tunai (BLT)
-Bantuan Pekerja yang Dirumahkan atau PHK
-Bansos Bagi Pelaku Usaha dan UMKM
-Pemberian Kompensasi UMKM Pembelakukan Jam Malam
-Bantuan Sosial Tunai

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top