Politik

Rajiun Komitmen Bangkitkan Ekonomi Muna

KENDARIPNEWS.COM — Calon Bupati Muna LM. Rajiun Tumada menilai pertumbuhan ekonomi di Muna mengalami perlambatan sejak tahun 2017. Menurutnya, pemerintah setempat karena tidak berhasil mendorong pertumbuhan sektor strategis untuk menaikkan pendapatan masyarakat. Rajiun berkomitmen akan meningkatkan ekonomi Muna di atas enam persen.

LM Rajiun saat menyapa pendukungnya

Rajiun menerangkan, ekonomi Muna menurun drastis sejak empat tahun terakhir. Menurutnya, tahun 2016 lalu pertumbuhan ekonomi sempat menyentuh angka di atas enam persen. Tetapi menurun kembali sejak memasuki tahun 2017 menjadi 5,4 persen dan hingga tahun 2019 belum mampu kembali keposisi semula. Angka statistik itu menunjukkan kinerja pemerintah di sektor ekonomi masih lemah.

“Bayangkan dari enam persen turun menjadi hanya 5,4 persen. Bahkan menjadi yang terendah dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Itu artinya Muba Barat lebih tinggi pertumbuhannya,” jelasnya.

Rajiun mengatakan, pertumbuhan ekonomi Muna berbeda jauh dengan Muna Barat selama masa pemerintahannya. Meskipun sempat menurun menjadi 5,3 persen tahun 2017, namun kinerja pemerintah berhasil mengangkat pertumbuhan ekonomi menjadi di atas enam persen pada 2018 dan 2019. Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi bisa dicapai jika ada keberpihakkan anggaran dari pemerintah. “Tidak saja ekonominya yang turun di Muna, termasuk juga indeks pembangunan manusia (IPM),” terang mantan Bupati Muna Barat tersebut.

Rajiun bersama La Pili (calon wakil bupati Muna) mengaku akan memastikan dukungan pemerintah pada sektor strategis daerah jika terpilih sebagai bupati Muna. Sektor strategis itu meliputi perikanan dan kelautan serta pertanian. Menurutnya, bidang tersebut sangat bersentuhan dengan ekonomi kerakyatan sehingga pemerintah harus menunjukkan keberpihakannya. “Masyarakat harus diberdayakan agar mereka bisa sejahtera dan ekonominya meningkat,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top