RAB Kantor Setprov Sultra Tengah Direview Inspektorat

KENDARINEWS.COM — Setelah sempat tertunda, proyek pembangunan kantor Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra bakal segera dimulai. Saat ini, Rencana Anggaran Biaya (RAB) proyek monumental ini tengah diperiksa (review) Inspektorat. Sesuai jadwal, review akan berlangsung selama sepekan. Pasca review, proyek pembangunan bakal langsung dilelang.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Fahri Yamsul mengatakan, review RAB penting dilakukan untuk menyesuaikan anggaran proyek. Pasalnya, RAB pembangunan kantor gubernur sudah pernah ditetapkan sebelumnya (harga 2021). “RAB nya tahun 2021, jadi kita sesuaikan dulu,” ujarnya, kemarin.

Ketika sudah ada hasil review dari insepktorat, sambung jebolan alumni universitas Brawijaya itu, pihaknya segera melakukan lelang tender untuk pengerjaan tahap awal kontruksi bangunan kantor gubernur.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Fahri Yamsul

“Paling bulan depan sudah mulai lelang. Tapi nanti kalau kita sudah serahkan RAB-nya, paling lama satu minggu direview desain inspektorat, karena masih akan disesuaikan harga saat ini untuk bahan bangunan dan material,” katanya.

Fahri memprediksi review penyesuaian RAB proyek tidak memiliki selisih yang signifikan. Pasalnya, kondisi ekonomi dua tahun terakhir (di masa pandemi Covid-19) masih sama. Adapun anggaran yang tertuang dalam RAB terkait tahap awal pembangunan kantor gubernur adalah sebesar Rp 27 miliar.

“Ini kita menyesuaikan kondisi anggaran, kedepannya kalau ada anggaran lebih tetap akan diporsikan lagi. Karena untuk sampai ke finishing ini membutuhkan anggaran ratusan miliar,” tambahnya.

Untuk diketahui, proyeksi pembangunan kantor tersebut, Pemprov mulai mengalokasikan anggaran sejak tahun 2020 baru sekira Rp 1,5 miliar untuk perencanan, amdal, dan fesibility study. Kantor Gubernur Sultra yang baru bakal dibangun dengan konstruksi 22 lantai. Pembangunan dilaksanakan tepat di belakang kantor gubernur yang lama. Tahap awal pengerjaan (2022) sudah dianggarakan Rp 27 miliar untuk membangun dasar gedung. (b/kam/ags)

Proyek Kantor Setprov Sultra
Setinggi 22 Lantai
Pengerjaannya Bertahap
Sumber APBD Sultra
Lokasi Belakang Kantor Lama

Anggaran Awal (2022) Rp 27 Miliar
Peruntukan Konstruksi Dasar Gedung
Perencanaan, Amdal dan Fesibility Study Rampung 2020 (Anggaran Rp 1,5 Miliar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *