Wakatobi

Puskesmas di Wakatobi Kini Miliki Dokter

Ilustrasi


KENDARINEWS.COM– Selain peningkatan sarana dan prasarana, upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat terus dimaksimalkan. Tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi telah menempatkan 12 dokter pada sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di beberapa pulau. Mereka yang dikontrak itu adalah dokter umum dan gigi.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliadin, menjelaskan, selain di Pulau Wangi-Wangi, para dokter ini ditempatkan pada Puskesmas di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko. “Ini sejak Januari, Februari dan Juni 2021. Kita memang sangat membutuhkan dokter yang akan ditempatkan di Puskesmas,” terangnya, Kamis (7/10).

Muliaddin menjelaskan hal tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan memenuhi kebutuhan tenaga medis. Apalagi saat ini Pemkab Wakatobi telah bekerjasama dengan BPJS. Sehingga warga yang menjadi peserta jaminan sosial tersebut, bisa mendapatkan pelayanan gratis dari para dokter kontrak itu.

Pihaknya memperbolehkan para dokter tersebut membuka praktek mandiri, asal tetap memprioritaskan pelayanan pada masyarakat di Puskesmas tempatnya bertugas. Muliaddin membeberkan, insentif para dokter berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Wakatobi.

Selain sumber daya manusia (SDM), dalam beberapa tahun terakhir, Dinkes telah membangun gedung baru 16 Puskemas yang tersebar di Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Sehingga dari total 20 Puskesmas di Wakatobi, tinggal empat yang belum dibenahi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top