Metro Kendari

PT Pertamina : Promo Pertalite Dorong Masyarakat Gunakan BBM Ramah Lingkungan


KENDARINEWS.COM — Pertamina menghadirkan promo spesial BBM jenis pertalite (RON 90) dengan harga setara premium (RON 88). Melalui promo itu, masyarakat diharapkan beralih menggunakan bahan bakar beroktan tinggi (Pertalite/Pertamax) yang lebih ramah lingkungan. Hanya saja, promo tersebut hanya berlaku bagi kendaraan roda dua/tiga dan kendaraan umum berplat kuning (Taksi dan Angutan Kota). Untuk kendaraan plat hitam masih berlaku tarif normal.

“Memang kita sedang mengedukasi kendaraan sesuai manual booknya. Untuk mobil sekarang keluaran 2 ribu ke atas itu kan seharusnya sudah pakai sekelas pertamax, apalagi yang plat hitam memang mampu membeli mobil dan seharusnya BBM juga harus sudah yang berkualitas. Kalau angkot dan taksi yang plat kuning itu memang manual booknya itu RON 88. Jadi kami mengedukasi sesaui manual book kendaraan supaya bisa beralih ke RON 90,” kata Taufik Kurniawan, Senior Supervisor Communication dan Relation PT Pertamina MOR VII Sulawesi.

Senada, Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan promo pertalite setara harga premium dihadirkan untuk mendorong masyarakat menggunakan BBM yang ramah lingkungan sekaligus mendukung Permen-LHK nomor 20 tahun 2017 yang mengatur baku mutu emisi gas buang kendaraan sebagai upaya mengurangi pencemaran udara.

“Tentunya pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dapat dilakukan dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan,” Laode Syarifuddin Mursali. Laode menambahkan, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. Karenanya, pihaknya akan terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98.

Promo khusus ini dapat menghemat pengeluaran konsumen hingga Rp 1.400 perliter. Pasalnya harga pertalite sebelumnya dibanderol Rp 7.850 perliter kini menjadi Rp 6.450 perliter atau setara dengan harga premium. Di Kendari, promo ini sudah dimulai sejak tanggal 14 Maret. “Program ini kami laksanakan secara bertahap sebagai apresiasi karena sebelum program ini angka penggunaan BBM Ramah Lingkungan di Kendari sudah cukup bagus untuk Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo yaitu total 72%, artinya ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat sebetulnya,” kata Mursali. (Ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top