Metro Kendari

Proyek Jalan Kendari New Port Telan Anggaran Rp 150 Miliar

KENDARINEWS.COM — Kendari New Port (KNP) terus disiapkan menjadi pintu gerbang perdagangan internasional. Tidak hanya fasilitas bongkar muat yang terus dilengkapi, pemerintah turut membuka akses jalan menuju KNP. Tahun 2021, anggaran sebesar Rp 150 miliar akan digelontorkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Apalagi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang menjadi persyaratan dana sebesar bakal dipenuhi Pemprov Sultra.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengungkapkan pembangunan jalan menuju KNP bakal dimulai tahun depan menyusul dokumen Amdal akan tuntas di tahun yang sama. “Untuk Amdal kami targetkan tuntas tahun depan (2021). Itu (Amdal) sangat penting karena sudah menjadi persyaratan dari Kemenhub sebelum pembangunan jalan dimulai,” tuturnya.

Anggaran pembangunan akses jalan kata dia, cukup besar. Nilainya mencapai Rp 150 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sedangkan untuk pengurusan Amdal bersumber dari Anggatan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekira Rp 1 miliar. “Kami pastikan ini berjalan dengan baik, karena kami hanya ditugaskan untuk melengkapi dokumen perencanaannya saja. Soal detail konstruksi jalan masih dalam tahap pengkajian,” ujarnya.

Jalur yang akan dibangun sambung mantan Pj Wali Kota Baubau in, meliputi akses jalan KNP dengan Jalan Garuda yang berada di kawasan Abeli, Kecamatan Nambo. Jika sudah terhubung, maka semakin melancarkan arus keluar masuk berbagai komoditi baik dari Sultra maupun dari luar.”Dengan kehadiran akses jalan tersebut, maka akan maksimalkan fungsi pelabuhan Kendari di Bungkutoko yang akan melayani eksport barang hasil bumi dan import barang dari luar Sultra. Selama ini hanya mengandalkan pelabuhan Sukarno Hatta di Makassar,” kata Hado Hasina.

Sekedar informasi, KNP saat ini hanya memiliki satu akses jalan yakni Jalan Jembatan Kuning Bungkutoko. Sehingga, hadirnya jalan penghubung dari Abeli yang berada di kawasan Kecamatan Nambo akan menambah akses jalan masuk pelabuhan. Selain itu, semakin memantapkan KNP sebagai salah satu pelabuhan kontainer termodern di kawasan timur Indonesia (KTI) setelah Makassar dan Bitung. (b/ags)

Pembangunan Jalan KNP
-Kemenhub Siap Anggaran Rp 150 Miliar
-Pemprov Sultra Diharuskan Tuntaskan Dokumen Amdal
-Dishub Telah Alokasikan Dananya di APBD 2021 Sebesar Rp 1 Miliar
-Pengerjaan Fisik Rencananya Dimulai Tahun 2021
-Akses KNP dengan Jalan Garuda yang berada di Kawasan Abeli

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top