Metro Kendari

Program Kendari Terang, 28 Titik di Wawowanggu dan Andounohu Dipasangi Lampu

KENDARINEWS.COM — Program “Kendari Terang” terus bergulir. Kemarin, giliran dua kelurahan yakni Wawowanggu dan Anduonohu. Sebanyak 28 titik dipasangi lampu penerang. Rencananya, pemasangan lampu ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh kelurahan di Kota Kendari. Pemasangan lampu ini tak hanya membuat Kendari lebih terang namun upaya Pemkot mencegah aksi kriminal.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku program telah digagas sejak awal tahun 2020. Akan tetapi, serangan pandemi Covid-19 pada Maret lalu hingga saat ini menyebabkan program tertunda dan baru direalisasikan dipenghujung tahun ini. “Ini baru pilot project. Masih contoh bagi warga bahwa yang akan dibangun tahun depan seperti ini. Insya Allah tahun depan (2021), Pemkot Kendari akan menghadirkan 4.000 ribu titik lampu jalan se-Kota kendari,” kata Sulkarnain.

Sebagai ibukota provinsi lanjut Sulkarnain, Kota Kendari harus memberikan kesan yang baik. Untuk itulah, Pemkot berusaha warga Kendari maupun pengunjung merasa aman dan nyaman beraktifitas di malam hari. Ia pun berpesan kepada warga untuk senantiasa menjaga fasilitas penerangan ini. Selain karena untuk kepentingan warga juga agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengapresiasi program Kendari Terang yang digagas Wali Kota Kendari. Menurutnya, program tersebut sangat efektif untuk mencegah potensi aksi kriminalitas dimalam hari. “Tidak sedikit masyarakat kita yang beraktifitas di malam hari. Jadi kalau penerangannya baik, setidaknya akan timbul rasa aman bagi mereka,” kata Subhan.

Sejak awal (2019) diajukan Wali Kota (program Kendari Terang) kata politisi PKS ini, mayoritas anggota DPRD merespon dan mendukungnya. “Teman-teman (DPRD) sangat setuju dengan ide Pak Wali ini. Karena memang sudah jadi aspirasi masyarakat secara umum yang kami terima saat reses,” kata Subhan.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga mantan Wali Kota Kendari Masyhur Masie Abunawas, merespon positif dan mendukung secara penuh upaya Pemkot dalam mewujudkan Kendari sebagai kota terang. “Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada Pemkot Kendari atas launching Program Kendari terang ini, Sehingga diharapkan yang tadinya kawasan ini rawan terhadap tindak kriminal akan berubah menjadi kawasan aman berkat Program ini,” ungkap Masyhur Masie.

Dia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat sekiranya dapat mendukung salah satu program terbaik pemerintah ini. “Mari bersama- sama kita membantu mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi informasi dan teknologi, serta menjaga dan merawat fasilitas yang telah di sediakan buat masyarakat,” pungkasnya. (b/ags)

28 Titik Pasangan Lampu
-14 di Kelurahan Wawowanggu atau di Jalan Jati Raya
-14 di Kelurahan Anduonohu atau di Jalan Kelengkeng.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top