Program Bedah Rumah Ala Pemkot, Tiap Rumah Kebagian Rp 20 Juta

KENDARINEWS.COM — Program bedah rumah di Kota Kendari berlanjut. Tahun ini, Pemkot telah mengalokasikan anggaran sekira Rp 400 juta untuk memperbaiki rumah warga agar lebih layak huni.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan anggaran program bedah rumah kali ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022. Ratusan juta anggaran tersebut diperuntukkan untuk memperbaiki sebanyak 22 RTLH.

“Ada 22 rumah yang rencananya tahun ini akan dilakukan perbaikan. Dan terhadap mereka yang dilakukan perbaikan itu, ada beberapa rumah diantaranya yang belum sempat kita lakukan perbaikan tahun lalu (2021),” kata Cornelius Padang, kemarin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan program bedah rumah kepada salah satu warga prasejahtera di Keluarahan Anggoeya. Bantuan tersebut diharapkan bisa menghadirkan tempat tinggal yang layak huni bagi warga berpenghasilan rendah. AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

Mantan Sekretaris Bappeda Kota Kendari ini menambahkan kriteria penerima bantuan program yaitu masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Selain itu, masyarakat memiliki hak penuh atas rumah yang ditempati dengan dibuktikan dengan surat kepemilikan lahan.

Terkait pengerjaannya, Cornelius mengaku masih mendiskusikannya dengan Wali Kota apakah disalurkan langsung atau dilakukan secara swakelola oleh lembaga yang dipimpinnya.

“Kita masih mengkaji. Kita juga akan laporkan ke Bapak Wali Kota, karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Salah satu kendala yang kita temui saat bantuan itu kita serahkan langsung ke masyarakat adalah kendala pada tahap pengerjaan yang membutuhkan waktu,” kata Cornelius.

“Beda kalau kita yang intervensi (rehab/perbaikan) itu bisa kita lakukan sesuai dengan waktu yang kita targetkan. Misalnya bisa rampung dalam satu bulan, itu bisa tuntas dalam satu bulan. Karena kita langsung kerjakan. Selain itu, kami juga memastikan kualitas dan standarnya,” sambungnya.

Setiap rumah nantinya bakal mendapatkan bantuan sekira Rp 20 juta. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk perbaik rumah seperti perbaikan atap, dinding, lantai dan lainnya. Cornelius mengakui jumlah rumah yang bakal direhab sangat minim. Kendati demikian pihaknya bakal mengupayakan penambahannya dalam APBD perubahan. “Nanti, kita akan anggarkan lagi,” pungkasnya. (b/ags)

Program Bedah Rumah
Anggaran Rp 400 Juta
Diperuntukan 22 Rumah Tak Layak Huni
Sumber Anggaran APBD Kendari 2022
Setiap Rumah Kebagian Rp 20 Juta
Kuota dan Anggaran Bakal Ditambah di Perubahan

Syarat Mendapat Bantuan
-Masyarakat Berpenghasilan Rendah
-Rumah Hak Penuh Dibuktikan dengan Sertipikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *