Prof.Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc, Rektor UHO, mengabdi tanpa batas

‘Tunaikan tugas sepenuh hati. Bekerja dengan hati pasti dibarengi kejujuran dan keikhlasan. Hati tak akan pernah bohong. Coba tanyakan kata hatimu” — Prof.Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc.

KENDARINEWS.COM — Panji-panji Universitas Halu Oleo (UHO) berkibar. Kibarannya tak hanya di jazirah Sultra. Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof.Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc telah meretas jalan mengibarkan panji UHO di pentas dunia. Ikhtiar itu ditunaikan Prof.Zamrun dengan komitmen menggapai akreditasi internasional.

Ikhtiar itu sekaligus sebagai penegasan akan pengabdian sang visioner itu tanpa batas. Melintasi batas ruang dan waktu serta taat asas. Prof.Zamrun piawai merawat keragaman dalam lingkungan kampus. Kepiawaian itulah menjadi peneguh meraih kemajuan bagi UHO dan Sultra. (*)

Prof.Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc

Biodata Rektor UHO

Nama : Prof.Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc.
NIP : 19720422 199803 1 001
Jabatan : Rektor Universitas Halu Oleo
TTL : Lambubalano, Muna, 22 April 1972
Istri : Viska Inda Variani, S.Si., M.Si
Anak : Muhammad Sendai Risky Ramadhan

Riwayat Pendidikan :

  • Pendidikan SD s/d SMA di selesaikan di Raha, Kabupaten Muna dari Tahun 1985 s/d 1991.
  • S1 Agronomi Fak.Pertanian Univ.Halu Oleo, Tahun 1991-1992
  • S1 Fisika UGM, Yogyakarta, Tahun 1992-1997
  • S2 Fisika UGM, Yogyakarta
    , Tahun 1998-2001
  • S2 Fisika Teori dan Komputasi, Tohoku University, Sendai, Jepang Tahun 2003-2005
  • S3 Fisika Teori dan Komputasi, Tohoku University, Sendai, Jepang Tahun 2005-2008

*Terpilih sebagai mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan Studi di Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Program Pencangkokan dengan Beasiswa Canadian International Development Agency for Eastern Indonesia University Development Project (CIDA-EIUDP)

Tugas Tambahan dan Penghargaan Bidang Akademik

  1. Tugas Tambahan
  • Dekan FMIPA UHO, Mei 2015
  • Pembantu Dekan I FMIPA UHO, Juli 2014 s/d April 2015
  • Kepala UPT Bahasa UHO, Desember 2012 s/d Juni 2014
  • Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Kebumian, Energi dan Sumberdaya Mineral UHO, Juli 2011 s/d November 2012
  • Kepala Laboratorium Fisika FMIPA UHO, Mei 2009 s/d Juni 2011
  1. Penghargaan Bidang Akademik
  • Pemenang I Dosen Paling Produktif dalam Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi UHO kategori Doktor UHO 2016
  • Dewan Juri PIMNAS ke 28 KemristekDikti 2015
  • Satya Lencana Karya Satya Pengabdian 10 tahun Presiden RI 2013
  • Visiting Lecturer University of Malaya, Kuala Lumpur 2013
  • Visiting Research Fellow University of Malaya, Kuala Lumpur 2010- 2011
  • Tenaga Detasering DIKTI, 2009
  • Pemenang ke-4 Atom Indonesia Best Paper Award

TESTIMONI

Dr H Lukman Abunawas, SH.,MSi.,M.H

Dr.H.Lukman Abunawas, SH.,M.Si.,M.H
Wakil Gubernur Sultra

Sosok Inspiratif Dunia Pendidikan

Dua periode, Prof. Zamrun sebagai Rektor UHO. Kiprah dan gebrakannya dalam mengembangkan UHO menjadi ikon pendidikan di Sultra patut diapresiasi. Beliau sosok inspiratif dunia pendidikan. Banyak terobosannya dalam mengangkat kualitas UHO. Bukan saja dalam kancah nasional namun membidik level internasional.

Meraih akreditasi internasional telah diretas Prof.Zamrun. Ini prestasi luar biasa Prof.Zamrun untuk menjadikan UHO sebagai kampus berstandar internasional terbesar di Sultra itu. Di tangan Prof.Zamrun, UHO banyak mencetak para ilmuan dan alumni yang mengabdi untuk masyarakat Sultra, bangsa dan negara. Sarana perkuliahan (gedung) sangat memadai dan suasananya nyaman. Seluruh capaian luar biasa ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. (rah)

Armid, S.Si., M.Si., M.Sc., D.Sc.

Armid, S.Si., M.Si., M.Sc., D.Sc.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UHO

Pemimpin Hebat

Di mata saya, Rektor UHO, Prof.Dr.Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc adala sosok pemimpin hebat. Mengenal beliau sudah cukup lama. Beliau senior saya pada program cangkokan TID+(beasiswa dari pemerintah Kanada awal tahun 90-an).
Kami sering berdiskusi sehingga kian akrab. Sebagai wakil beliau untuk urusan perencanaan dan kerja sama, banyak pemikiran-pemikiran beliau, kami tuangkan dalam rencana-rencana pembangunan kampus ke depannya.

Rektor UHO, Prof. Zamrun, pemimpin yang sangat visioner. Buah karyanya dapat dinikmati saat ini. Kampus UHO semakin asri, indah, tertata rapi, dengan banyak gedung baru yang terbangun. Beberapa prodi mempertahankan akreditasi A (unggul) yang saat ini sekira 26 %.

Rektor UHO, Prof. Zamrun, sosok manusia yang baik, humble, disiplin, visioner dan sangat tegas menjalankan aturan. Jadi jangan pernah membengkokkan aturan yang sudah jelas arah mainnya. Otherwise you will find your mind to be dumped. (rah)

Prof.Dr.Ir. Takdir Saili, M.Si.

Prof.Dr.Ir. Takdir Saili, M.Si.
Direktur Pascasarjana UHO

Konsisten Tingkatkan Mutu Dosen dan Mahasiswa

Rektor UHO, Prof.Zamrun konsisten akan pekerjaannya. Beliau concern terhadap tridharma perguruan tinggi, sarana prasarana universitas hingga akreditasi prodi. Saat ini akreditasi A sekira 28 hingga 29 prodi sudah dalam genggaman. Bahkan ada beberapa yang berkualifikasi unggul.

Atas arahan dan bimbingan rektor, saat ini hampir semua fakultas dan pascasarjana sedang persiapan mengonversi status akreditasi dari A, B dan terusannya ke status akreditasi baik, sangat baik dan unggul. Ini indikator concern Rektor Prof.Zamrun terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Cita-cita besar rektor adalah meraih akreditasi internasional.

Prof.Zamrun mendukung peningkatan kualitas dosen. Penelitian berskala nasional hingga internasional setiap tahunnya diberikan kepada dosen. Kualitas dosen meningkat, maka kualitas mahasiswa dan prodi pun meningkat. Saya melihat Prof.Zamrun tak neko-neko. Konsisten terhadap aturan. (rah)

Dr. H Jamaluddin, M.Hum

Dr. H. Jamiludin, M. Hum
Dekan FKIP UHO

Berjiwa Muda dan Kreatif

Saat menjabat Rektor UHO periode pertama, Prof.Zamrun adalah rektor termuda dalam sejarah kepemimpinan di UHO. Sebagai orang yang berjiwa muda, kepemimpinan Rektor UHO Prof. Zamrun diwarnai kreativitas tinggi dalam membangun pendidikan. Gerakannya gesit dan kebijakannya tepat sasaran.

Hal itu bisa dilihat dari akreditasi program studi yang semakin hari semakin baik. Jika sebelumnya, masih banyak akreditasi C, di era kepemimpinan Rektor Prof.Zamrun, kini banyak prodi terakreditasi A, bahkan ada akreditasi unggul.Wajah kampus ditata lebih apik. Dalam bidang akademik, setiap prodi harus melaksanakan seminar nasional dan internasional setiap tahun.

Kami mendukung visi dan misi Prof.Zamrun untuk menggapai akreditasi internasional dalam rangka lebih meningkatkan kualitas UHO ke depannya. Di FKIP, Prodi Pendidikan Matematika sangat mendukung akreditasi internasional, sebab banyak dosen bergelar doktor. (rah)

Dr. Herman, SH., LL.M

Dr. Herman, SH., LL.M.
Dekan Fakultas Hukum UHO

Piawai Mengakselerasi Kebijakan

Saya melihat beliau (Prof.Zamrun) dari berbagai aspek. Sebagai teman, beliau adalah sosok yang ramah berkomunikasi dengan siapapun. Terbuka dan sering memberi motivasi demi meraih keberhasilan. Sebagai seorang pimpinan, beliau adalah sosok yang piawai mengakselerasi kebijakan sehingga semua sivitas akademika mampu mengejawantahkan untuk mencapai visi misi beliau.

Rektor Prof.Zamrun berhasil mengembangkan akademik. Hal itu terukur dari terobosan meningkatkan akreditasi semua prodi. Kesejahteraan dosen dan pegawai terjamin melalui tunjangan kerja lebih. Sarana prasarana sangat memadai termasuk Fakultas Hukum sehingga meraih akreditasi A. Saat ini kami berikhtiar menuju akreditasi unggul untuk meraih akreditasi internasional. Bagi kami, prestasi beliau sangat membanggakan.

Selain itu, kondusivitas kampus saat ini sangat terkendali. Rektor Prof.Zamrun mampu mengelaborasi berbagai perbedaan kepentingan menjadi satu kepentingan untuk UHO lebih baik dan lebih maju. Beliau dapat diterima semua kalangan di Sultra karena piawai menempatkan diri dalam berbagai keanekaragaman. (rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *