HEADLINE NEWS

Produksi Sampah Perhari 300 Ton, DLHK Butuh Tambahan Empat Truk

KENDARINEWS.COM — Produksi sampah di Kota Kendari mengalami penurun sebesar 15 persen sejak masa pandemi. Sebelum pandemi atau tahun 2019 lalu, produksi sampah setiap harinya mencapai 400 ton. Kini, hanya 300 ton perhari. Sampah rumah tangga masih menjadi penyumbang tertinggi. “Ya, ada penurunan 15 persen. Namun produksi sampah tiap harinya masih cukup besar yakni 300 ton perhari,” beber Nismawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota kendari saat dikonfirmasi Kendari Pos kemarin.

Untuk mengangkut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu, pihaknya mengerahkan 36 truk pengangkut sampah. Setiap armada memiliki seorang sopir dan empat petugas pengangkut sampah. Secara keseluruhan, pihaknya memiliki 180 petugas pasukan kuning.
Bila dibandingkan dengan produksi sampah, jumlah personil pasukan kuning masih dianggap kurang. Apalagi jumlah penduduk dan pemukiman terus bertambah. Diperkirakan produksi sampah masih akan mengalami peningkatan. Makanya, pihaknya berencana menambah armada pengangkut sampah dan personil pasukan kuning.

“Kami menyadari belum seluruhnya penanganan sampah bisa tertangani dengan baik. Apalagi sarana dan prasarana kita terbatas. Makanya, kami akan menambah empat unit truk termasuk petugas kebersihannya akhir tahun ini,” kata Nismawati. Di sisi lain, pihaknya gencar mengedukasi masyarakat pengolahan sampah dari sumber. Pengolahan dari sumber kuncinya, dari rumah tangga. “Pemilihan sampah merupakan hal dasar yang harus dilakukan, minimal memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sebagian sampah diolah untuk memperpanjang umur TPA, sehingga tidak dibuang begitu saja,” ujarnya.

Sosialisasi penanganan sampah terintegrasi sambungnya, dilakukan secara berkelanjutan terutama di kelurahan. Dengan begitu, volume sampah menuju TPA dapat dikurangi. Pemkot tidak bisa melakukannya sendiri. Kehadiran masyarakat begitu dibutuhkan, untuk bersama-sama menangani masalah ini. (b/m2)

Produksi Sampah Kota Kendari
Sebelum Pandemi dan 2019 400 Ton Perhari
Selama Pandemi 2020 300 Ton Perhari

36 Truk Pengangkut Sampah
180 Personil Pasukan Kuning
Tiap Truk, Seorang Supir dan 4 Petugas

Rencana Akhir Tahun
-Penambahan 4 Truk
-Termasuk Personil

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top