Nasional

Presiden Jokowi Tak Ingin Satu Vaksin Gagal

KENDARINEWS.COM — Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya untuk memastikan vaksin Covid-19 aman untuk masyarakat. Pria yang akrab disapa Jokowi itu tidak ingin ada satu pun vaksin Covid-19 yang gagal. “Saya tekankan agar menjadi perhatian kita semuanya, betapa pentingnya vaksin, vaksinasi. Tidak hanya berkaitan dengan keselamatan jiwa manusia, tetapi tidak hanya urusan kesehatan, tetapi menyangkut ekonomi,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Rencana Pengadaan Vaksin melalui telekonferensi, kemarin.

Joko Widodo

Oleh karena itu, Jokowi meminta jajarannya terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksin agar betul-betul dipastikan keamanan serta keefektifannya. Artinya, sebelum vaksin disuntikkan ke masyarakat, harus melalui tahapan-tahapan uji klinis yang benar. “Karena kalau tidak, ada satu saja yang masalah, nanti bisa menjadikan ketikdakpercayaan masyarakat akan upaya vaksinasi ini. Saya melihat aspek keamanan vaksin menjadi concern utama masyarakat, termasuk para pakar dan peneliti,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta semua tahapan wajib melalui kaidah-kaidah saintifik, ilmu pengetahuan berdasarkan data dan standar-standar kesehatan. Jokowi tidak ingin pemerintah tergesa-gesa mengenai hal tersebut.

“Jangan timbul persepsi pemerintah tergesa-gesa, terburu-buru tanpa ikuti koridor-koridor ilmiah yang ada. Tolong betul-betul kita lalui semuanya, meskipun ingin dipercepat, hal-hal tadi jangan sampai dilupakan,” jelas dia. (tan/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top