Metro Kendari

Potensi SAR Dibekali Pelatihan Pertolongan Korban di Air

KENDARINEWS.COM — Kantor Search and Rescue (SAR) Kendari menggelar pelatihan pencarian dan pertolongan bagi potensi SAR, dengan spesifikasi pertolongan di permukaan air. Pelatihan ini akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 15 Maret sampai 18 Maret 2021.

Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi mengatakan pelatihan dibagi menjadi dua bagian. Untuk pembukaan digelar di Swiss Belhotel Kendari, sedangkan teori dan praktiknya akan dilakukan di pantai Toronipa.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berupaya memasyarakatkan SAR. Maksudnya, masyarakat tidak boleh lagi tabu akan pengetahuan tentang SAR. Mengingat musibah bisa terjadi kapan dan di mana saja. Dengan begitu, masyarakat memiliki tanggung jawab untuk memberikan pertolongan pertama.

“Oleh sebab itu, masyarakat harus memiliki bekal dan kemampuan tentang SAR. Kita komitmen untuk memasyarakatkan SAR,” ujarnya.

Pelatihan ini sambungnya, tak hanya bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Kendari. Namun juga membentuk tenaga SAR yang memiliki pengetahuan dan keterampilan.

“Kita berharap selama mengikuti kegiatan pelatihan, mengutamakan keselamatan diri masing-masing, terutama keamanan dalam melaksanakan praktik pelajaran di lapangan,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top