Bombana

Potensi Perikanan di Bombana Dipacu Pulihkan Ekonomi Daerah


KENDARINEWS.COM — Berbagai upaya ditempuh pemerintah dalam memulihkan kembali kondisi perekonomian masyarakat dimasa pandemi Covid-19 ini. Salah satu yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana adalah dengan memaksimalkan potensi perikanan dan pertanian. Kepala Dinas Perikanan Bombana, Sarif, mengatakan, sektor tersebut merupakan salah satu unggulan yang memiliki potensi besar dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Sarif

“Perikanan memiliki tiga bidang yakni, sektor tangkap, budi daya serta pengolahan hasil produk. Ketiga bidang inilah yang banyak dimanfaatkan masyarakat Bombana sebagai mata pencaharian,” tutur Sarif, Kamis (26/11). Dari 22 kecamatan di Bombana, 17 wilayah diantaranya merupakan wilayah pesisir. Makanya, kawasan tersebut memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan untuk menopang ekonomi daerah, khususnya pasca pandemi Covid-19.

“Disektor perikanan, Bombana itu dikenal dengan hasil budi daya udang vaname dan ikan bandengnya. Bahkan komoditas ini tidak hanya menjadi komsusmi masyarakat lokal saja, tapi juga merambah ke daerah-daerah lain,” sambungnya. Tahun 2021 mendatang, Pemkab melalui Dinas Perikanan akan lebih memaksimalkan potensi yang ada, meskipun dengan anggaran terbatas.

Pihaknya mengimbau seluruh unsur Pemerintah Kecamatan hingga Kelurahan untuk turut serta mengambil peran memajukan sektor perikanan di wilayah masing-masing. Terlebih lagi, setiap desa memiliki anggaran yang cukup besar yang bisa mendorong kemajuan potensi yang ada. “Dari data yang kami miliki, Bombana ini memiliki sekitar 12.000 hektare tambak. Namun yang dimanfaatkan sekarang baru sekitar 30 persen saja. Itu pun masih menggunakan cara-cara tradisional,” tuturnya.

Meski begitu, setiap tahun produksinya terus mengalami peningkatan. “Ini baru 30 persen, apa lagi kalau 12.000 hektare tersebut benar-benar kita maksimalkan. Saya kira tahun 2021 pemulihan ekonomi masyarakat Bomabna bisa segera teratasi,” optimis Sarif. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top