Olahraga

PON XX PAPUA : Lomba Aquathlon Putri, Atlet Sultra Raih Medali Perak

KENDARINEWS.COM — Kontingen Sulawesi Tenggara (Sultra) unjuk gigi dalam laga Ekshibisi Triathlon Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Dalam empat kategori yang dilombakan, wakil Sultra bernama Dhea Meisy Aurilie berhasil meraih medali perak dalam ajang Disiplin Aquathlon Putri. “Suatu kebanggaan bisa mempersembahkan prestasi untuk daerah. Ini motivasi sekaligus tantangan supaya ke depan lebih baik lagi,” ungkap Dhea, Kamis (23/9/2021).

Di kategori Disiplin Aquathlon Putri, Sultra sebenarnya mengutus dua atlet. Selain Dhea Meisy Aurilie, ada juga nama Firny Anissa Sulistiany Syaiful. Namun, dia belum beruntung alias tidak masuk tiga besar. Di klasemen akhir, Firni berada di posisi 6 dari 14 peserta.

Tak hanya Disiplin Aquathlon Putri, dalam ajang ini, atlet Sultra juga berlaga di Duathlon Putra. Diikuti dua atlet: Erling dan Jusman Harianto. Namun, Dewi Fortuna belum berpihak kepada keduanya. Erling hanya bertengger di peringkat 8. Sedangkan Jusman hanya bisa berada di posisi 18 (dari 19 peserta), karena mengalami masalah dengan lambungnya. Secara keseluruhan, ajang ini diikuti 19 provinsi.

Untuk diketahui, Eksebishi Triathlon memperlombakan empat kategori: 1). Disiplin Duathlon Putra; 2). Disiplin Duathlon Putri; 3). Disiplin Aquathlon Putra; dan 4). Disiplin Aquathlon Putri. Khusus kontingen Sultra, hanya mengikuti dua kategori: Aquathlon Putri dan Duathlon Putra.

Raihan medali perak menempatkan Sultra berada di posisi 5 klasemen sementara Triathlon PON XX Papua. Sultra berada di bawah Jawa Barat (2 emas), Jawa Timur (1 emas, 1 perak), Jawa Tengah (1 emas), Banten (1 perak, dua perunggu), dan Sumatra Selatan (1 perak, 1 perunggu).

Pembina Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Sultra yang juga menjabat sebagai Komandan Lanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengapresiasi capaian atlet Sultra. “Atlet yang berlaga di ajang ini merupakan alumni Jasalindo Triathlon Training Camp di Lawang – Malang Jatim sejak Juli 2021 atau selama tiga bulan,” jelasnya. Triantlhon merupakan cabang olahraga ekshibisi baru yang melombakan sepeda dan lari. (KN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top