Metro Kendari

Pompa Air Sudah Beroperasi, Dirut PDAM Pastikan Distribusi Air Lancar

KENDARINEWS.COM — Sempat mengalami kerusakan cukup parah, Screw Pump (Pompa Air Baku) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari yang ada di Pohara telah diperbaiki dan kini telah beroprasi kembali. “Alhamdulillah, pompa air baku sudah diperbaiki. Sejak pekan lalu, pompanya sudah beroperasi kembali,” ujar Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin kepada Kendari Pos, Selasa (13/10).

Ia tak menampik kerusakan mesin yang terjadi tempo hari menyebabkan distribusi air bersih dienam kecamatan (Puuwatu, Mandonga, Kadia, Wua-wua, Kendari, Kendari Barat) terganggu. Kendati demikian, dengan perbaikan dan tuntasnya pengerjaan, Damin memastikan distiribusi air bersih lancar sehingga bisa dinikmati warga. Guna lebih memaksimalkan distribusi air bersih, lanjut Damin, pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan pompa tekan dari intake pohara ke Water Treatment Plan (WTP) Puunggolaka.

“Hal itu dilakukan supaya terjadi keseimbangan daya dorong air dengan pipa yang ada sebelumnya. Pasalnya, pompanya masih baru dan daya dorong sangat kuat. Hal itu membuat beberapa pipa mengalami pergeseran dan ini kami laukan perbaikan secepatnya. Tapi ini tidak mengganggu distribusi air ke masyarakat,” kata Damin. Selain itu, pihaknya juga pada 2021 mendatang akan mendatangkan 2 mesin baru untuk untuk menopang 2 mesin pompa air baku yang ada saat ini.

“Sebenarnya pompa ada empat, hanya yang beroperasi cuma dua secara estafet per 12 jam. Nah, idealnya harus empat mesin. Selain supaya distribusi air tetap lancar, juga supaya mesinnya awet karena waktu pengoperasiannya yang singkat karena hanya per 8 jam saja. Tentu ini memperpanjang pemakaian mesin,” kata Damin.

Bukan hanya itu, mengingat pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan air yang diproduksi untuk kebutuhan masyarakat, kata Damin, pihaknya juga bakal melakukan kerjasama dengan investor untuk mengembangkan pelayanan air kepada masyarakat. Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyambut baik tuntasnya perbaikan Screw Pump PDAM. Menurutnya, upaya tetsebut tak lepas dari kerja keras jajarannya dilapangan untuk memberikan pelayanan uang terbaik meskipun ditengah kondisi yang serbat terbatas terutama soal pembiayaan. “Kita akan gandeng investor untuk sama-sama mengatasi permasalahan air kita,” kata Sulkarnain.

Jika itu terwujud kata Sulkarnain, maka dalam waktu dekat akan terbangun SPAM baru di 4 titik di wilayah Kota Kendari. Adapun luasan setiap rumah produksi air bersih itu masing-masing sebesar 1.500 m² yang bakal mampu mendistiribusikan air sekira ratusan liter per detik. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top