Edukasi

Poltekkes Kendari-RSUD Konawe Bangun Kemitraan

KENDARINWES.COM —Poltekkes Kemenkes Kend­ari terus melakukan berbagai terobosan demi meningkatkan kualitas lembaganya. Salah sa­tunya dengan menjalin kerja sama dengan instansi pemer­intah. Teranyar, pihak Poltekkes Kendari membangun kemi­traan dengan Rumah Sakit menjalani Umum Daerah (RSUD) Konawe melalui pen­andatanganan Memorandum of Understanding (MoU), be­berapa waktu lalu.

Direktur Poltekkes Kemen­kes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes., mengungkapkan MoU menjadi hal yang sangat pent­ing dilakukan setiap perguruan tinggi untuk memenuhi kebu­tuhan peningkatan mutu lem­baga serta kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kerja sama dengan pihak RSUD adalah sebagai bentuk nyata Poltekkes Kemenkes Kendari untuk terus menggen­jot berbagai kemajuan, baik dari segi akreditasi serta skill dari para mahasiswa. Karena setiap jalinan kerja sama yang dilakukan, pasti ada input dan outputnya. Tentunya itu akan sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap Askrening, Rabu (17/3).

Dijelaskan, MoU dengan pihak RSUD Konawe pastinya memberikan efek yang sangat baik bagi Poltekkes, dimana dalam kerja sama itu, para mahasiswa dari jurusan ke­bidanan dan analisis kesehatan berkesempatan untuk melak­sanakan PKL.

“Sebanyak 28 mahasiswa, yang terdiri dari 12 orang ju­rusan analis kesehatan dan 18 dari kebidanan, yang melak­sanakan praktek. Ini salah satu langkah untuk mendorong peningkatan kemampuan para mahasiswa. Dimana dua jurusan tersebut, memang sangat perlu untuk melakukan praktik secara langsung karena nantinya mereka akan banyak melakukan interaksi dengan pasien,” ujarnya.

Terkait waktu pelaksanaan PKL, menyesuaikan dengan kondisi tingkatan, sejauhmana mereka paham dengan bidang keilmuannya. Dengan jangka waktu paling lama sekitar tiga minggu untuk jurusan analisis kesehatan, dan empat min­ggu untuk jurusan kebidanan,” tambah Askrening.

Wanita berhijab tersebut berharap, seluruh mahasiswa yang menjalani PKL bisa bet­ul-betul memanfaatkan mo­mentum tersebut, untuk terus meningkatkan kemampuan, serta kompetensi. Mengingat ini sangat terkait dengan skill keilmuan mereka, terlebih peran mereka sebagai tenaga medis.(Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top