Sulawesi Tenggara

Polri Presisi, Indonesia Maju


HUT ke-75 Bhayangkara, Polda Sultra Tingkatkan Profesionalisme

KENDARINEWS.COM– Semboyan Rastra Sewakottama (pelayan dan abdi utama negara dan bangsa) terpatri kokoh dalam setiap insan Polri di negeri ini. Rastra Sewakottama tertuang dalam brata pertama dari Tri Brata yang diikrarkan anggota Polri sebagai pedoman hidup. Di usia 75 tahun ini, 1 Juli 2021, Polri terus bertransformasi menjadi Polri modern yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparasi berkeadilan).

Personel Polda Sultra dalam komando Kapolda Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya berkomitmen menyukseskan program kerja Kapolri yakni Polri yang Presisi menuju Indonesia dan Sultra maju.
Personel Polda Sultra tak hanya menunaikan tugas pokok Polri semata-memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat. Namun, Polda Sultra mengambil peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19, akselarasi vaksinasi
dan pemulihan ekonomi nasional demi Indonesia Maju.

Seiring bertambahnya usia, tentu Polri diperhadapkan dengan tantangan yang penuh dinamika. Dalam konteks itu, ikhtiar meningkatkan profesionalisme lembaga dan personel menjadi hal mutlak dilakukan.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan, Polri harus lebih meningkatkan profesionalisme tugas. Sejalan dengan pesan Presiden, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga meminta Polri harus menjalin sinergisitas tanpa batas, baik dengan TNI dan pemerintah, terutama dalam percepatan penanganan Covid-19.

Profesionalisme mesti dimulai dengan berbenah di internal Polri. Profesionalisme itu sangat penting mengingat perubahan akan terjadi, cepat atau lambat. Tak ada satupun yang mampu mengadang perubahan. Berangkat dari amanat Presiden itu, Polda Sultra memperkuat manajemen kelembagaan.

“Polri harus Presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat,” ujar Irjen Pol Yan Sultra mengutip amanat Presiden Jokowi dalam upacara HUT ke-75 Bhayangkara di Mapolda Sultra, Kamis (1/7) kemarin.

Demi mempercepat penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra, pihaknya menekankan penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. Polda Sultra akan bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam akselerasi penanganan Covid-19.

“Polda Sultra mengoptimalkan segala langkah penanggulangan dan mendisiplinkan serta memutus mata rantai penularan Covid-19. Salah satunya adalah optimalisasi percepatan vaksinasi untuk masyarakat Sultra,” ungkap Irjen Pol Yan Sultra.

Kapolda Irjen Pol Yan Sultra menegaskan percepatan penanganan pandemi Covid-19 masuk dalam 16 program kerja yang dirumuskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam commander wish (instruksi). Setiap Kapolda di Indonesia wajib menyukseskan program itu. Apalagi, kata Kapolda, pandemi Covid-19 ini masih mewabah dan meresahkan masyarakat.

“Vaksinasi massal diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi syarat untuk diberikan vaksin. Vaksinasi dilaksanakan bekerja sama dengan pemerintah daerah baik kabupaten atau kota maupun pihak terkait lainnya dalam upaya mencegah penyebaran Covid -19,” tutup Irjen Pol Yan Sultra. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top