HEADLINE NEWS

Polda Sultra Gelar Baksos, 18 Anak Operasi Bibir Sumbing Gratis

18 Anak Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis

KENDARINEWS.COM — Demi meringankan beban warga di masa pandemi, Polda Sultra melalui melalui Biddokkes kembali menggelar bakti sosial (baksos). Kali ini, Biddokkes Polda Sultra menggelar operasi celah bibir dan celah langit-langit. Operasi ini tidak dipungut biaya sepersen pun alias gratis.

Baksos digelar di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Kendari, kemarin. Selain tim dari rumah sakit Bhayangkara, kegiatan ini melibatkan perhimpunan dokter bedah plastik, dokter anak dan perwakilan smile train indonesia.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya memberikan semangat kepada anak yang menjalani operasi celah bibir dan celah langit-langit di RS Bhayangkara Kendari.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya mengatakan baksos ini merupakan rangkaian dari HUT Dokkes Polri Ke 75 yang jatuh pada 17 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan wujud, Dokkes berbakti untuk polri bagi Negeri. Lebih penting lagi dapat meringankan beban keluarga kurang mampu yang memiliki putra-putri dengan kelainan celah bibir dan celah langit-langit.

“Operasi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Polri siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Seluruh anggota yang ada di lapangan mengabdikan diri, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat,” ujarnya usai menyambangi pasien operasi bibir sumbing dan celah langit-langit di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Polda Sultra, kemarin.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, AKBP dr. Sukardi Yunus mengungkapkan, tercatat 18 pasien anak yang mengikuti operasi tersebut. Mereka bukan hanya dari Sultra, namun ada juga luar provinsi seperti Kepulauan Riau (Kepri) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Sebenarnya ada 32 orang yang mendaftar, namun setelah mengikuti screening, empat orang mundur, alasannya belum siap. Sedangkan sepuluh orang lainnya tidak memenuhi syarat. Jadi yang memenuhi syarat 18 orang. Para pasien datang dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sultra, seperti Kabupaten Kolaka, Buton, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Utara, Muna, Konawe Utara dan Kendari,” ungkapnya.

Operasi bibir sumbing ini kata dia, dilakukan secara bertahap. Pada 8 Juni dilakukan screning, kemudian 9 sampai 11 juni pelaksanaan operasinya. “Jelang peringatan HUT Dokkes Polri ke-75, beberapa aksi sosial yang kita lakukan, salah satunya operasi celah bibir dan celah langit-langit secara gratis ini. Kita ingin menyenangkan masyarakat,” tutupnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top