Hukum & Kriminal

Polda Sultra Ajak Insan Pers Perangi Hoaks

KENDARINEWS.COM — Kepolisian Daerah (Polda) Sultra mengajak insan pers bersinergi memerangi berita hoax. Selain isinya bohong, informasi yang disajikan kerap berbau provokasi. Sebagai media kontrol, pers harus mampu meluruskan informasi sehingga memberi ketenangan bagi masyarakat.

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.I.K., M.Si mengatakan insan pers sangat dibutuhkan Polri untuk menjadi mitra dalam mengedukasi masyarakat khususnya di Sultra. Sebagai institusi yang diberikan kewenangan menjaga Kamtibmas, Polri tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itulah, Polri tetap menjalin sinergitas dengan berbagai pihak salah satunya pers.

“Mengingat maraknya informasi di media sosial yang tak jarang menimbulkan perdebatan. Di Media sosial (Medsos) banyak bertebaran berita hoaks. Di sini lah fungsi media untuk meluruskan. Dengan begitu, masyarakat tahu informasi yang sebenarnya,” katanya saat Coffee Morning Bid Humas Polda Sultra bersama Insan Pers di aula Polda Sultra.

Diakuinya, ada beberapa karya jurnalistik yang dilaporkan ke Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sultra. Namun ia memastikan proses penyelesaiannya tetap mengedepankan upaya mediasi antara kedua belah pihak. Sebab kepolisian memiliki nota kesepahaman terkait penyelesaian sengketa pemberitaan di media massa.

“Tidak langsung proses, sebelum melalui Dewan Pers. Kami siap menengahi para awak media jika ada masalah terkait karya jurnalistik, kita upayakan mediasi,” ujarnya.

Kombes Pol Ferry Walintukan mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan wartawan yang telah menjadi mitra strategis Bid Humas Polda Sultra. Sebagai mitra, pihaknya senantiasa menjembatani wartawan mendapatkan informasi terkait kepolisian. Hadirkanlah karya jurnalistik yang berdasarkan data dan fakta. Sehingga masyarakat terhindar dari paparan informasi yang menyesatkan.

“Tetap jaga kekompakan, jika ada informasi yang teman-teman butuhkan kami siap fasilitasi, akan kami bantu untuk menjembatani rekan-rekan untuk mendapatkan informasi tersebut. Mari bersama-sama kita perangi hoax dengan mengkonfirmasi berita sebelum diterbitkan, sesuai dengan realita dan bisa dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh rekan-rekan wartawan lintas media baik cetak, online dan elektronik. Sejumlah organisasi pers dan media di Kota Kendari turut hadir. Diantaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sultra, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Aliansi Media Siber (AMSI) Sultra.(b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top