Konawe Utara

PNS Baru Konawe Utara, Terima Gaji Pertama

Marthen Minggu

KENDARINEWS.COM– Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baru diangkat menjadi abdi negara pada tahun 2021 ini akan segera menikmati gaji pertama mereka. Pembayaran gaji tersebut atas kebijakan Bupati Konawe Utara, Ruksamin.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Marthen Minggu, menuturkan, bila berdasarkan mekanisme penyusunan APBD, gaji PNS yang baru diangkat belum bisa dibayarkan. Karena APBD 2021 ditetapkan 31 November tahun lalu.

“Nah, sementara mereka diangkat menjadi pegawai ditahun 2021. Artinya, APBD sudah selesai baru mereka menjadi pegawai. Karena gaji yang diporsikan tidak termasuk pegawai yang baru diangkat. Tapi pak bupati menginstruksikan untuk menghitung keuangan daerah yang ada, apakah bisa dibayarkan. Hasil perhitungan kas dan belanja ternyata bisa dibayarkan,” urai mantan Kepala Inspektorat Konut itu, Minggu (6/6).

Makanya, BKAD Konut menyimpulkan, pembayaran gaji bagi PNS yang baru diangkat bisa terlaksana pembayarannya pada bulan Juni, bersamaan dengan gaji pegawai yang telah lama mengabdi. “Paling lambat minggu depan sudah diproseskan gajinya,” janji Marthen Minggu. Sedangkan untuk gaji kekurangan mereka, berdasarkan SK pengangkatan mulai bulan Januari hingga Mei, dimungkinkan akan dibayarkan setelah perubahan anggaran nanti. “Jumlah ASN yang baru sekitar 170 orang. Kalau ditotalkan kekurangan yang akan dibayarkan itu sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar, bila diporsikan di APBDP,” ujarnya.

Penyuluh Pertanian senior itu menambahkan, pembayaran gaji pegawai dibulan Juni, dimungkinkan dilakukan bersamaan dengan pembayaran gaji 14 pegawai baru. “Pembayaran gaji bagi ASN yang baru tidak lepas dari kebijakan pak bupati. Karena di kabupaten lain, kemungkinan tidak seperti ini,” pungkas Marthen Minggu. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top