Petugas Posko Bagikan Ribuan Masker di Tempat Keramaian

Metro Kendari


KENDARINEWS.COM — Upaya pencegahan terhadap wabah corona tak henti dilakukan Pemprov Sultra. Tidak hanya memasifkan program vaksinasi, edukasi tentang pentingnya menggunakan masker instens dilakukan. Sebagai bentuk dukungan terhadap petugas di posko pemantauan, Pemprov melalui Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membagikan ribuan masker termasuk di titik-titik keramaian di Kota Kendari.

Penyerahan masker dilakukan secara simbolis Koordinator Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sultra, Asrun Lio kepada petugas pemantauan mudik di Posko Terpadu Gugus Tugas Covid -19 Sultra.

Koordinator Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sultra, Asrun Lio (depan, tengah) menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada petugas pemantauan posko, di Posko Terpadu Gugus Tugas Covid -19 Sultra.

Asrun Lio mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari imbauan Gubernur Sultra nomor: 443/4724 tertanggal 21 September 2020 tentang peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penularan Covid-19. Selain itu, Surat Edaran (SE) Gubernur Sultra nomor 443.1/1898 per tanggal 4 Mei 2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang antar kabupaten/kota dalam provinsi dengan transportasi selama Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Pembagian masker ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran covid-19. Selain petugas posko, kami juga diberikan kepada masyarakat yang tidak sempat menggunakan masker dan melewati area perbatasan, ” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu.

Masker yang diserahkan sambung Asrun Lio, akan disalurkan ke titik pemantauan baik di pintu masuk (perbatasan), pelabuhan laut, tempat umum, tempat wisata, dan tempat keramaian lainnya selama ramadan hingga selesainya perayaan Idulfitri. “Titik pemantauan tersebut diantaranya seperti di Mall Mandonga, Brilian Plaza, Pasar Andonohu, Lippo Plaza, Pasar Panjang, Pasar atau Terminal Baruga, Pelabuhan Kota, Pasar Kota, Pasar Basah, Pasar Korem, Kendari Beach, Ex MTQ,” jelasnya.

Pembagian masker lanjutnya, sesungguhnya sudah sejak lama dilakukan. Pada larangan mudik, gubernur meminta OPD nya memantau ini lebih intens di lapangan. Upaya itu dilakukan Pemprov Sultra dengan mengeluarkan Surat Perintah Tugas No 1370/Satgas Sultra/V/2021 untuk melaksanakan pemantauan dan pengawasan protokol kesehatan sesuai imbauan Gubernur Sultra.

“Pembagian masker ini sudah lama dilakukan Pemprov. Hanya saat ini ada surat edaran yang dikeluarkan pak gubernur tentang larangan mudik, sehingga tim gugus tugas diharapkan melakukan pemantauan atau monitoring terkait penerapan prokes, ” harapnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *