Kolaka Timur

Petani Koltim Kirim Sorgum ke Korea

KENDARINEWS.COM — Tanaman sorgum yang baru dibudidayakan petani Kolaka Timur (Koltim), sudah menjadi salah satu komoditas unggulan. Petani sorgum Koltim sudah mengirim puluhan ton hasil panennya ke Pulau Jawa hingga ekspor ke Korea. Kepala Dinas Pangan Koltim, Idarwaty, mengatakan, sorgum memilik banyak manfaat untuk kebutuhan konsumsi maupun pakan ternak.

Tanaman sorgum juga telah melewati uji laboratorium Sucofindo dan berstandar nasional imdonesia (SNI). “Sorgum di Koltim sudah kita kirim ke Korea dan ke perternakan sapi di Bogor serta Bandung Selatan. Kalau beras saya kirim sampling ke Kabupaten Maros. Pihak Kementan membantu pemasaran dan pengolahan, hingga ke Asosiasi Perhotelan Indonesia, ke Texmaco, Indofood, Indomaret dan Bali Segara Group,” rinci Idarwaty, Rabu (11/11).

Mantan Kadis Kominfo Koltim itu mengungkapkan, rencananya pada akhir bulan ini, petani sorgum akan mengirim hasil panennya ke Bali sebanyak 10 ton dan ke Texmaco 10 ton. “Kalau saat ini sorgum telah kita kirim sekitar 30 ton. Kita tunggu selesai panen, baru dikirim,” tandasnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top