Kolaka

Petakan Kompetensi, Pejabat Pemkab Kolaka Diasesmen


KENDARINEWS.COM — Sebanyak 420 pejabat administrator dan pengawas mulai dari Sekretaris Dinas dan Kepala Bagian (Kabag) hingga lurah mengikuti asesmen pemetaan kompetensi jabatan. Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Badan Kepegawian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka, Senin (28/9) tersebut, juga dihadiri pihak Kantor Regional IV BKN Makassar dan u digelar sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala BKPSDM Kolaka, Hj. Andi Tenri Gau (tengah) saat memantau pelaksanaan ujian pemetaan kompetensi bagi ratusan pejabat lingkup Pemkab.

Kepala BKPSDM Kolaka, Hj. Andi Tenri Gau, menjelaskan, pemetaan kompetensi jabatan tersebut menggunakan metode computer asissted test (CAT) dan akan dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 28 hingga 30 September 2020. Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi enam sesi. “Masing-masing sesi 70 peserta dan setiap hari itu ada dua sesi. Setiap sesi menggunakan waktu sekitar 3 jam,” jelasnya.

Wanita yang sebelumnya menjabat Inspektur Kolaka ini mengatakan, asesmen kali ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi kesesuaian kompetensi pejabat administrator dan pengawas dengan jabatan yang diduduki oleh para PNS tersebut. Kata dia, dengan adanya asesmen, maka pihaknya mempunyai data base profil pejabat administrator dan pengawas.

“Manfaat data base profil pejabat ini sangat penting. Ketika mau menempatkan seseorang pada suatu jabatan, kita sudah punya dasar. Jadi ASN yang menduduki jabatan tersebut nanti benar-benar sesuai dengan kompentensinya,” ujarn Andi Tenri Gau. Asesmen tersebut nantinya akan diikuti oleh seluruh pejabat administrator dan pengawas di Pemkab Kolaka. “Tahap ini hanya 420 orang saja karena anggaran terbatas. Sisanya nanti tahap selanjutnya lagi,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top